Nama Lain Dari Al Quran Beserta Artinya

Ilustrasi Nama Lain Alquran. Sumber: Freebiespic-Pizabay.com




Alquran


merupakan kitab suci umat Islam. Seluruh perilaku manusia, ilmu pengetahuan, dan aturan-aturan agama tercantum di dalam kitab suci ini. Oleh karena itu, Alquran disebut juga sebagai pedoman hidup bagi pemeluk agama Islam.


Ternyata, kitab yang berisi tentang firman Allah ini memiliki banyak nama dan arti tersendiri, lho! Berikut adalah nama lain Alquran yang perlu untuk diketahui oleh umat


muslim

.


Nama Lain Alquran


Ada empat nama utama Alquran, yaitu:


  • Al Qur’an. Nama ini berasal dari kata qara’a yang artinya adalah menghimpun dan mengumpulkan. Beberapa ulama berpendapat bahwa nama ini adalah nama khusus untuk firman ALLAH SWT yang tidak diambil dari akar kata penentu seperti Taurat dan Injil. Nama Al Qur’an dibaca tanpa memperlihatkan huruf hamzah-nya. Penjelasan tentang ini terdapat pada riwayat Imam Syafi’i, yakni membacanya tanpa hamzah. Adapun dasar dari penamaan tersebut adalah adanya isyarat akan terjaganya kitab suci terakhir ini dalam dada para pembacanya sebab pada pembacaan terkandung jaminan penjagaan dan memperbanyak nash.


  • Al Kitab. Nama ini berasal dari kata kitab dengan bentuk jamak yang artinya Masdar (kata kerja). Pada penulisan


    Bahasa Arab


    disebut kitabah karena maknanya mengumpulkan huruf-huruf dengan tulisan dan terkadang digunakan untuk kata-kata yang terangkum dalam ucapan. Adapun kata Al Kitab dalam nama Alquran adalah bentuk dari mashdar (tulisan) yang bermakna isim maf;ul (yang tertulis).


  • Adz Dzikr. Nama diartikan sebagai kondisi pada jiwa yang dengannya seseorang mampu mengingat ma’rifat yang ia miliki. Adapun arti dari Adz Dzikr yang dilansir dari Arifindustri.lecture.ub.ac.id adalah pengingat. Artinya, Alquran adalah pengingat bagi manusia untuk bertauhid pada Allah SWT sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.


  • Al Furqan. Kitab suci umat


    Islam



    dinamakan Al Furqan sebab Alquran adalah tolak ukur yang memisahkan antara yang haq dari yang batil. Al Furqan itu sendiri berasal dari kata Al farq yang artinya memisah. Penamaan Al Furqan ini mengesankan peran yang dijalankan Kitabullah dalam memilah antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran dan kebatilan, jalan surga dan jalan neraka, dan sejenisnya (Al Habsyi, 2020: 38).


Semoga bisa menambah ulasan di atas wawasan kita, ya! (AA)

Source: https://kumparan.com/berita-update/nama-lain-alquran-lengkap-dengan-artinya-1vHJXMaUcSJ

Posted by: biggayread.com