Manfaat Melakukan Ekspor Bagi Suatu Negara Adalah

Transaksi jual beli tidak hanya berlangsung di sebuah daerah atau satu negara saja. Melainkan, bisa juga terjadi antarnegara. Kegiatan jual beli antar negara ini dikenal dengan istilah ekspor dan impor. Lalu, apa saja tujuan dan manfaat kegiatan ekspor impor bagi perusahaan? Ini dia ulasan lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Ekspor dan Impor

Ekspor merupakan kegiatan menjual atau mengeluarkan sebuah barang atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri. Barang atau jasa tersebut tentunya sudah memenuhi standar ketetapan dan peraturan yang berlaku di setiap negara.

Kegiatan ekspor dilakukan oleh sebuah negara apabila mereka dapat memproduksi barang dalam jumlah banyak. Selain itu, barang yang diproduksi telah memenuhi kebutuhan produksi di dalam negeri.

Sedangkan impor sendiri adalah kegiatan pembelian atau memasukkan barang atau jasa ke dalam negeri dari dalam negeri untuk melengkapi keperluan masyarakat. Kegiatan impor dilaksanakan apabila sebuah negara tidak dapat memproduksi sebuah barang. Atau, produksi tersebut tidak dapat memenuhi angka kebutuhan yang diperlukan masyarakat.

Tujuan Kegiatan Ekspor

Lalu, apa saja sih tujuan dari kegiatan ekspor khususnya bagi perusahaan? Berikut penjabarannya.

  1. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

    Kegiatan ekspor yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan atau sebuah negara pada dasarnya memiliki tujuan untuk menaikkan jumlah laba atau keuntungan. Semakin banyak produk yang bisa dijual dan diminta oleh masyarakat, maka akan membuat harga penjualan menjadi semakin baik.
  2. Memperluas Pasar dalam Negeri

    Tujuan lain dari kegiatan ekspor adalah untuk memperluas dan menyebar pasar di dalam negeri. Selain itu, kegiatan ekspor ini juga membuka peluang untuk melebarkan sayap pasar baru di luar negeri.
    Yang dimaksud dari memperluas pasar di dalam negeri adalah dengan meningkatkan kesejahteraan produsen di dalam negeri. Dengan begitu, pasar akan semakin luas.
    Sedangkan membuka pasar di luar negeri sendiri memiliki arti bahwa kegiatan ekspor dapat membuka pasar baru di luar negeri. Hal tersebut dikarenakan dengan kegiatan ekspor, sebuah perusahaan dapat mengenalkan produk yang mereka andalkan di dalam negeri.
  3. Mengendalikan Harga Sebuah Produk

    Harga produk di dalam negeri tentu saja mempunyai harga yang lebih murah. Mengapa? Hal itu dikarenakan proses produksi yang dilaksanakan dengan mudah serta persediaan bahan yang melimpah. Oleh karena itu, perusahaan melaksanakan kegiatan ekspor pada negara yang memerlukan dengan tujuan agar mereka dapat melakukan pengendalian terhadap harga produk di pasar.

Tujuan Kegiatan Impor

Berikut uraian mengenai tujuan kegiatan impor. Yuk disimak!

  1. Memenuhi Keperluan Perusahaan

    Kegiatan impor mempunyai tujuan untuk memenuhi keperluan perusahaan—terutama yang belum tersedia di dalam negeri.
  2. Mendapatkan Teknologi Baru

    Agar sebuah perusahaan atau negara dapat melakukan produksi barang secara maksimal, maka dibutuhkan alat produksi modern dan terbaru. Dengan begitu, proses produksi dapat dilaksanakan secara cepat.
    Maka, impor bertujuan untuk mendapatkan teknologi terbaru dari negara pengirim. Agar nantinya proses produksi menjadi lebih efektif dan lebih maju.
  3. Menyumbang Devisa bagi Negara

    Ternyata, kegiatan impor dapat menambah devisa bagi negara. Devisa atau pendapatan tersebut diperoleh dari biaya bea cukai pada barang-barang yang dimasukkan dengan mematok nilai yang lumayan besar.

Manfaat Kegiatan Ekspor Impor

Apa saja manfaat kegiatan ekspor impor bagi sebuah perusahaan atau negara? Berikut penjabarannya.

  1. Memperluas Produksi

    Kegiatan ekspor membuka peluang untuk memperluas produksi. Dengan meningkatnya permintaan, maka tingkat produksi juga akan meningkat.
  2. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

    Produksi sebuah barang yang meningkat tentu membutuhkan banyak tenaga kerja. Dengan begitu, perusahaan akan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. meningkatnya permintaan produk akan menyerap tenaga kerja dan membantu menurunkan angka pengangguran. Sehingga, kondisi perekonomian akan menjadi lebih baik.
  3. Menjalin Kerjasama Antar Negara

    Manfaat ekspor yang lain adalah membuat hubungan antarnegara menjadi lebih baik. Kerja sama antarnegara akan menimbulkan banyak pertemuan dan negosiasi yang nantinya akan mempererat hubungan di tiap negara yang terlibat kerja sama.
  4. Mengatasi Kekurangan Sebuah Negara atau Perusahaan

    Kegiatan ekspor impor mempunyai fungsi untuk mengatasi kekurangan produk atau bahan baku di sebuah negara atau perusahaan. Jika produk Anda dibutuhkan di negara lain, maka Anda bisa mengekspornya. Sebaliknya, jika perusahaan Anda membutuhkan barang yang tidak ada di Indonesia, maka Anda bisa mengimpornya dari negara lain.
  5. Mendapatkan Bahan Baku

    Tidak semua produk yang dibutuhkan sebuah perusahaan ada di Indonesia. Misalnya, produk-produk yang terkait dengan otomotif atau teknologi lainnya, perusahaan dapat mendapatkan produk-produk tersebut dari luar negeri dengan harga yang lebih rendah. Sehingga, dapat menekan biaya produksi dan operasional.

Demikian penjelasan lengkap mengenai kegiatan ekspor impor. Mulai dari definisi, tujuan, hingga manfaat. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai ekspor impor atau seluk beluk mengenai bisnis lainnya, pelatihan dari Markshare bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda.

Kelas-kelas edukatif dari Markshare sangat cocok untuk pengembangan karyawan dan peningkatan performa SDM perusahaan Anda. Tertarik mencoba? Yuk daftar kelasnya sekarang juga.

Source: https://marksharetraining.co.id/tujuan-dan-manfaat-kegiatan-ekspor-impor-bagi-perusahaan/

Posted by: biggayread.com