Manfaat Asean Bagi Indonesia Di Bidang Ekonomi

Oleh: Elmi Yuniarti, Guru SMPN two Juhar, Karo, Sumatra Utara

KOMPAS.com
– Association of southeast asian nations adalah sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967. Deklarasi ASEAN disahkan oleh lima negara  yang disebut Founding Fathers, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Deklarasi ASEAN berisi pembentukan Asosiasi untuk kerja sama regional di antara negara – negara Asia Tenggara.

Tujuan berdirinya ASEAN adalah untuk meningkatkan  pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

Baca juga: Letak Geografis dan Batas Wilayah Association of southeast asian nations

Bentuk-bentuk kerja sama ASEAN

Berikut bentuk-bentuk kerja sama Asean, yakni:

Bidang ekonomi

Mewujudkan kerja sama dalam beberapa bidang, misalnya pada bidang pembangunan dan percepatan kemajuan ekonomi. Seperti perluasan perdagangan, investasi, kepariwisataan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Contoh kerja sama bidang Ekonomi :

  • Pembukaan Pusat Promosi Asean di Jepang, yaitu sektor perdagangan, pariwisata dan investasi. Tujuannya untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan investor Jepang bagi negara-negara Association of southeast asian nations.
  • Penyediaan Cadangan Pangan.
  • Penyelenggaraan Proyek Industri:
  1. Asean Aceh Fertilizer Project (pabrik pupuk).
  2. Association of southeast asian nations Urea Projection (pabrik pupuk di Malaysia).
  3. Asean Copper Fabrication Projection (pabrik tembaga di Philipina).
  4. Rock Salt Soda Ash Project (pabrik abu soda di Thailand).
  • Kawasan Perdagangan Bebas atau AFTA (Association of southeast asian nations Free Trade Area). Bertujuan untuk memajukan sektor produksi lokal yang ada di seluruh negara Association of southeast asian nations.
  • Koperasi Association of southeast asian nations (Asean Cooperative Organization/ ACO). Dengan tujuan mempunyai keinginan untuk mengokohkan organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

Baca juga: Sumber Daya Negara-negara ASEAN

Bidang sosial budaya

Setiap negara anggota Association of southeast asian nations diminta berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama guna mendukung kesejahteraan negaranya sendiri.

Sehingga dapat memperkokoh kesadaran, kesetiakawanan, dan rasa kebersamaan masyarakat Asean.

Contoh kerja sama dalam bidang sosial budaya atau Committee on Social Development adalah:

  1. Bidang pembangunan, perluasan kesempatan kerja, pembayaran upah yang wajar.
  2. Membantu kaum wanita dan pemuda dalam usaha pembangunan.
  3. Menanggulangi  masalah-masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan-badan internasional terkait.
  4. Pengembangan SDM
  5. Peningkatan kesejahteraan
  6. Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan)
  7. Pertukaran budaya dan seni, festival motion picture ASEAN.
  8. Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata Association of southeast asian nations (Asean Tourism Agreement /ATA)
  9. Penyelengaraan pesta Olahraga dua tahun sekali (Sea Games).

Bidang pendidikan

Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing intenational. Contoh kerja sama bidang pendidikan, yaitu:

  1. Penawaran beasiswa pendidikan, seperti Indonesia yang memberikan pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni untuk mahasiswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
  2. ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota Association of southeast asian nations. Dengan adanya Human activity pada pendidik berdiskusi dan berbagi ide-ide untuk mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.
  3. Mengadakan olimpiade regional Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.
  4. ASEAN-Japan Scholarship Fund, fasilitas beasiswa untuk negara-negara anggota Asean belajar di berbagai universitas Association of southeast asian nations dan Jepang.
  5. Adanya program ASEAN-Eu Cooperation and Scholarships Day, di mana memberikan beasiswa kepada negara-negara anggita ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa khususnya pendidikan tinggi. Pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga tenaga pendidik dari Asean.

Baca juga: Tujuan Asean

Bidang politik pertahanan dan keamanan

Kerja sama antarnegara Association of southeast asian nations penting dilakukan untuk mewujudkan perdamaian dan keamanan di wilayah Asia Tenggara.

Kerja sama itu akan terjadi dengan indah jika terdapat rasa saling menghormati dan membutuhkan diantara warga negara anggotanya.

Contoh kerja sama bidang politik pertahanan dan keamanan adalah :

  1. Traktat Bantuan Hukum Timbal Balik di Bidang Pidana (Treaty of Mutual Assistance in Criminal Matters/MLAT).
  2. Konvensi ASEAN tentang pemberantasan Terorisme (Asean Convention on Couter Terrorism/ACCT).
  3. Pertemuan para Menteri Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM ) yang bertujuan mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan melalui dialog serta kerja sama di bidang  pertahanan dan keamanan.
  4. Penyelesaian sengketa Laut Cina selatan.
  5. Kerja sama pemberantasan kejahatan lintas Negara yang mencakup pemberantasan Terorism, perdaganangan  obat terlarang, pencucian uang , penyelundupan dan perdagangan senjata ringan dan manusia, bajak laut, kejahatan internet dan kejahatan ekonomi internasional.
  6. Kerja sama di bidang hokum, migrasi dan kekonsuleran serta kelembagaan antarparlemen.

Baca juga: Profil Negara ASEAN

Manfaat kerja sama ASEAN bagi bangsa Indonesia

Manfaat kerja sama Association of southeast asian nations bagi Indonesia, yaitu:

Menciptakan perdamaian

Salah satu manfaat kerja sama ASEAN bagi bangsa Indonesia adalah dapat menciptakan perdamaian. Selain itu juga dapat menciptakan kerukunan dan stabilitas di kawasan ASEAN.

Hal ini diharapkan dapat melanjutkan di segala bidang dan mendorong Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Memperjuangan kepentingan nasional

Manfaat kedua dari kerja sama Asean bagi bangsa Indonesia adalah memperjuangkan kepentingan nasional.

Dengan bergabung dalam organisasi Asean maka dapat membantu Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan nasional di Asia Tenggara dan kepentingan bersama dalam forum internasional.

Manfaat sosial budaya

Manfaat kerja sama Association of southeast asian nations bagi bangsa Indonesia dalam bidang sosial budaya yaitu memperkokoh kesadaran, kesetiakawanan, dan rasa kebersamaan masyarakat ASEAN, perlindungan anak dan perempuan, pendidikan, kebudayaan, lingkungan, dan penanggulangan bencana, serta olahraga.

Baca juga: Makna Lambang ASEAN

Manfaat politik dan keamanan

Manfaat kerja sama ASEAN bagi bangsa Indonesia adalah dapat memelihara keamanan, perdamaian, dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara untuk memperjuangkan demokrasi dan HAM.

Selain itu, juga meliputi keamanan kesatuan, kawasan, dan memberantas kejahatan lintas negara, pertahanan, perdamaian, kemananan maritim, upaya perdamaian, dan resolusi konflik.

Menjalin kerja sama

Antar anggota ASEAN dapat mewujudka kerja sama dalam beberapa bidang. Misalnya, pada bidang pembangunan dan percepatan kemajuan ekonomi. Seperti perluasan perdagangan, investasi, kepariwisataan, ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta bidang pendidikan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/05/100000869/bentuk-kerja-sama-antarnegara-asean-dan-manfaat-bagi-bangsa-indonesia?page=all

Posted by: biggayread.com