Maha Mendengar Adalah Arti Dari Asmaul Husna

Ilustrasi Allah Maha Mendengar. Foto: Pixabay


Maha Mendengar adalah salah satu dari 99


Asmaul Husna

, yakni nama-nama Allah yang baik, agung lagi indah. Maha Mendengar juga disebut dengan


Sama’

,


Equally-Sami’


atau


Sami’an

.


Mengutip buku


Al-Asmâ` al-Husnâ


oleh Umar Sulaiman al-Asyqar dkk, menurut Baihaqi, Maha Mendengar berarti bahwa Allah memilki


pendengaran


dan mampu menengar apa saja yang bisa didengar. Mendengar adalah sifat yang melekat pada-Nya.


Lawan dari sifat Maha Mendengar ialah


Kaunuhu ashumma


atau Dzat Yang Tuli yang merupakan sifat mustahil bagi Allah. Allah dapat mendengar segala sesuatu dan pendengarannya tidak terbatas dengan telinga dan alat-alat pendengaran lain yang ada.


Pendengaran Allah tidak sama dengan makhluk. Allah tidak bingung dengan banyaknya hal yang harus didengar. Misalnya, ketika banyaknya permintaan atau doa dari hamba-Nya, maka semua doa tersebut didengar dan dikabulkan.


Sifat Maha Mendengar sangatlah agung, sehingga sering tercantum dalam dalil-dalil


Al-Quran

. Apa saja dalil-dalilnya? Simak uraian berikut.


Dalil Al-Quran tentang Maha Mendengar

Ilustrasi Allah Maha Mendengar. Foto: Unsplash


Mengutip buku


Belajar mengenal Allah


oleh Nurul Ihsan dan


Syarah Aqidah Wasithiyah


oleh Syaikh Muhammad Al-Utsaimin, berikut dalil-dalil Al-Quran yang membahas soal sifat Allah Maha Mendengar.


لَآ إِكْرَاهَ فِى ٱلدِّينِ ۖ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشْدُ مِنَ ٱلْغَىِّ ۚ فَمَن يَكْفُرْ بِٱلطَّٰغُوتِ وَيُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱسْتَمْسَكَ بِٱلْعُرْوَةِ ٱلْوُثْقَىٰ لَا ٱنفِصَامَ لَهَا ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ



Lā ikrāha fid-dīn, qat tabayyanar-rusydu minal-gayy, fa may yakfur biṭ-ṭāgụti wa yu`mim billāhi fa qadistamsaka bil-‘urwatil-wuṡqā lanfiṣāma lahā, wallāhu samī’united nations ‘alīm.


Artinya: Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


فَاطِرُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَمِنَ ٱلْأَنْعَٰمِ أَزْوَٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ



Fāṭirus-samāwāti wal-arḍ, ja’ala lakum min anfusikum azwājaw wa minal-an’āmi azwājā, yażra`ukum fīh, laisa kamiṡlihī syaī`, wa huwas-samī’ul-baṣīr.


Artinya: (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat.


سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ



Sub-ḥānallażī asrā bi’abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī’ul-baṣīr.


Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


ٱللَّهُ يَصْطَفِى مِنَ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ رُسُلًا وَمِنَ ٱلنَّاسِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ



Allāhu yaṣṭafī minal-malā`ikati rusulaw wa minan-nās, innallāha samī’um baṣīr.


Artinya: Allah memilih utusan-utusan-(Nya) dari malaikat dan dari manusia; sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.


وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ نَزْغٌ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ



Wa immā yanzagannaka minasy-syaiṭāni nazgun fasta’iż billāh, innahụ huwas-samī’ul-‘alīm.


Artinya: Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/arti-allah-maha-mendengar-dalam-daftar-asmaul-husna-1wIoLnUUaZJ

Posted by: biggayread.com