Kompetensi Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru

8 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru_
Apa yang muncul dibenak anda ketika mendengar kata “Guru”! Bisa jadi yang langsung terlintas dibenak anda ketika mendengar kata “Guru” adalah tentang orang yang pintar dalam banyak hal, apprehensive dan lain-lain, mungkin apa saja yang anda pikirkan tentang guru tidak keliru, karena seorang guru dituntut memiliki berbagai kompetensi dan skill guna diimplementasikan dalam mendidik anak didiknya.

Dalam sebuah syair lagu, bahwasanya Guru dinarasikan sebagai “pahlawan tanpa tanda jasa”! Jasa-jasa seorang guru memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena berkat didikannya terlahir atau terbentuk  pribadi-pribadi manusia yang cerdas dan berbudi pekerti.

Namun apakah menjadi seorang guru adalah hal yang mudah? Jika kita mencoba menjawab pertanyaan tersebut, maka profesi sebagai guru tak luput dari berbagai tantangan akan tetapi menjadi guru juga memiliki berbagai sisi yang menyenangkan.

Lantas menjadi seorang guru harus punya kompetensi apa saja? Jadi perlu kalian ketahui bahwasanya tugas guru bukan hanya menjadikan anak didiknya pintar secara intelektual, akan tetapi dalam konsepnya guru memiliki tugas untuk transfer of noesis dan transfer of value! Adapun beberapa komptensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru menurut penulis adalah sebagai berikut:


eight Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru


i. Komptensi Profesional

Apa yang dimaksud dengan kompetesi profesional? Jadi kompetensi profesional adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan  profesional, misalnya seorang guru pastinya tugasnya adalah merencanakan pembelajaran dengan maksimal, melaksanakan kegiatan pembelajaran  dengan sebaik mungkin serta melakukan evaluasi terkait proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Dengan menerapkan dan mengaktualisasi kompetensi profesional, maka pastinya seorang guru bisa bekerja sesuai dengan tupoksi dan bertanggung jawab atau amanah atas tugas yang diberikan, sehingga akan berimplikasi pada siswa yang  bisa jadi lebih berkompeten dan kaya akan skill.


2. Kompetensi Sosial

Kenapa seorang guru mesti memiliki kompetensi sosial? Bukannya guru hanya mengajar di sekolah! Jadi kenapa guru mesti memmiliki komptensi sosial, karena pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk sosial dan butuh untuk berinteraksi dengan lingkungan. Guru bukan hanya bertugas untuk mendidik siswa, akan tetapi guru juga diharapkan bisa membangun komunikasi dengan orangtua siswa dan saling share terkait perilaku dan prestasi siswa di sekolah.

Komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, guru dengan orangtua siswa dan gurru dengan masyarakat, maka potensi penerapan pendidikan di three pilar pendidikan bisa terlaksana, yakni pendidikan di sekolah, masyarakat dan keluarga.


3. Kompetensi Kepribadian

Guru terbaik adalah yang memberikan keteladanan! Mungkin secara sekilas ungkapa tersebut biasa saja, namun perlu kita pahami bersama bahwasanya keteladanan bukan hanya tentang mengajar anak menjadi displin, jujur, dll dengan narasi dan ungkapan kata-kata. Akan tetapi keteladanan adalah dengan mencontohkan langsung dengan perilaku atau sikap.

Maka dari itu sebelum guru mengajarkan tentang kedisiplinan maka guru sendirilah yang terlebih dahulu harus memperlihatkan sikap displin, misalnya datang tepat waktu ke sekolah, mengajar tepat waktu dsb. Perilaku yang baik dan berkarakter yang ditunjukan oleh seorang guru secara tidak langsug siswa akan belajar dari hal tersebut secara tersirat.

Pentingnya Kompetensi Kepribadian seorang guru tidak bisa dikompromikan, karena guru adalah sosok model bagi siswanya, perilaku atau kebiasaan seorang guru akan menjadi contoh bagi anak didiknya bahkan perilakunya bisa dicontoh, terlebih lagi pada siswa sekolah dasar (SD) yang notabene mereka dalam proses pembentukan kepribadian. Maka dari itu dengan adanya guru yang memiliki kepribadian yang baik akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa


4. Kompetensi Pedagogik

Kalau secara terminologi, maka pedagogik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mendidik anak. Kalau kita coba untuk kaitkan dengan seorang guru, maka sudah pasti guru harus memiliki kompetensi pedagogik. Agar nantinya seorang guru bisa mendidik siswanya dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Perlu dipahami bersama, bahwasanya karakter anak yang duduk dijenjang sekolah dasar (SD) dan anak yang sudah duduk dijenjang sekolah menengah pertama (SMP) begitupun siswa yang sudah duduk di bangku SMA, pastinya memiliki karakter dan kondisi psikologi yang beda, sehingga dengan memiliki atau menguasai kompetensi pedagogik, guru bisa mendidik siswa dengan tepat berdasarkan karakternya.


5. Kompetensi Manajerial

Dalam suatu kelas biasanya terdapat 20-30 siswa dengan berbagai karkater dan seorang guru dituntut harus mampu mendidik dan mengajar siswa yang memiliki perbedaan karakter tersebut. Mislanya ada siswa yang pendiam, nakal, pemalu dll

Namun dengan menguasai komptensi manejerial, atau kemampuan dalam mengelola kelas, maka walaupun dalam suatu kelas tedapat beragam siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda, karakter yang berbeda guru akan tetap bisa mengelola kelas dengan baik.


6. Cakap Digital

Seiring perkembagan teknologi, dunia pendidikan juga tidak lepas dari pengaruhnya! Jika kita mencoba flashback ke masa lalu, bahwasanya pembelajara dominan dilakukan secara tatap muka, maka sekarang konsep pembelajaran sudah menggunakan blended learning dimana memadukan antara pembelajaran offline dan online.

Selain itu sumber belajar dan sarana belajar yang bisa digunakan siswa saat ini sudah bervariasi, misalnya saja dengan adanya bimbingan belajar online yang berbasis
Aplikasi Belajar Onine, sehingga siswa bisa tetap belajar meskipun sudah pulang sekolah.

Dengan penggunaan teknologi yang semakin massive di dunia pendidikan, seorang guru dituntut untuk cakap akan teknologi digital atau istilah populernya yakni melakukan literis digital, sehingga tetap bisa eksis dalam pendidikan yang berkembang pesat. Dengan paham akan penggunaaan teknologi dalam pembelajaran maka guru tersebut disaat dianggap sebagai guru milenial.


seven. HOTS (High social club thinking skill)

Bukan hanya siswa yang dituntut untuk memiliki kemampuan HOTS atau berpikir tingkat tinggi, akan tetapi guru juga dituntut untuk memiliki kemampuan HOTS atau kemampuan berpikir tingkat tinggi, agar nantinya bisa menjadi guru yang hebat dan inspiratif.

HOTS sendiri terdiri dari critical thingking (kemampuan berpikir kritis), colaboration skill (kemampuan bekerjasama),  comunnication skill (kemampuan berkomunikasi) dan kreatif dan inovatif..


8. Keterampilan Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran

Salah satu hal yang lazim ditemukan dalam proses pembelajaran adalah dimana siswa mulai jenuh, bosan dan strees dalam mengikuti pembelajaran, kondisi mental yang demikian bisa jadi disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi.

Oleh sebab itu maka sudah seyogyanya lah seorang guru menguasai berbagain model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan pendektana. Agar nantinya bisa memilih model atau metode yang tepat dalam mengajarkan suatu materi pelajaran tertentu. Dengan sering melakukan variasi dalam pembelajaran maka perasaan bosan dan jenuh bisa terminimalisir.

Demikianlah artikel yang membahas tentang”8 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru“, semoga artikel ini bisa memberikan manffat untuk anda semuanya.

Source: https://www.rijal09.com/2021/10/kompetensi-yang-harus-dimiliki-seorang-guru.html

Posted by: biggayread.com