Isra Mi Raj Boleh Puasa Atau Tidak

Ilustrasi Isra Miraj. Foto: Unsplash.com/aniscoquelet


Isra Mikraj jatuh pada 27 Rajab dalam penanggalan Hijriah, yang berarti pada tahun ini, bertepatan pada Kamis, 11 Maret 2021.


Isra Mikraj merupakan peristiwa penting yang terjadi kepada Nabi Muhammad SAW yang melakukan perjalanan malam ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh.


Sebagian umat Muslim mungkin akan bertanya-tanya, bolehkan menunaikan puasa pada saat Hari Isra Mikraj?


Dilansir dari laman Near Islam, menjalankan puasa sunah, seperti puasa Senin Kamis bisa terus dilanjutkan meskipun bertepatan dengan Isra Mikraj. Apalagi bagi mereka yang rajin atau rutin melaksanakannya setiap minggu.


Akan tetapi, jika seorang muslim melakukan puasa untuk mengungkapkan rasa syukur atau merayakannya belum ada dalil yang menjelaskan hal tersebut.


“Bagi para muslim membutikan rasa syukur atas terjadinya suatu peristiwa besar sangat penting. Apalagi jika peristiwa tersebut membawa berkah bagi tiap muslim. Namun pembuktian rasa syukur tidak berarti harus puasa,” tulis Well-nigh Islam.


Maka dapat disimpulkan, rutinitas melaksanakan puasa sunah, seperti Senin dan Kamis boleh dilakukan jika bertepatan dengan Isra Mikraj. Bukan karena Isra Mikrajnya, tetapi kebiasaan puasanya.


Jadi, kamu sudah tahu kan bahwa melaksanakan puasa sunah saat Isra Mikraj tetap diperbolehkan.

Source: https://kumparan.com/hijab-lifestyle/bolehkah-menunaikan-puasa-saat-isra-mikraj-1vKoGIXBkjC

Posted by: biggayread.com