Hewan Yang Hidup Di Darat Dan Air

smpislampapb.sch.id – Apakah Anda adalah pecinta hewan? Bahkan Anda memelihara hewan dirumah Anda? hewan apakah itu?

Tentu saja di bumi ini, Anda bisa menemukan berbagai macam hewan yang sangat beragam mulai dari yang liar sampai yang jinak sehingga bisa Anda pelihara. Bahkan sekarang ini saja, memelihara hewan yang liar juga sudah sangat bisa dengan cara menjinakkannya. Apakah Anda adalah salah satunya?

Namun, kali ini kita tidak akan membahas hewan yang liar yang bisa dijadikan hewan peliharaan, melainkan jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya.

Saking banyaknya hewan, maka tidak heran jika hewan bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian, dan salah satunya adalah berdasarkan tempat hidupnya.

Baca Juga : Jenis Hewan Berdasarkan Pengelompokannnya

Kali ini kita akan membahas jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya. Apa saja pengelompokannya? mari kita bahas.

Daftar Isi

  • Hewan yang Hidup di Air
  • Hewan yang Hidup di Darat
  • Hewan yang Hidup di Air dan Darat
    • Share this:
    • Related

Hewan yang Hidup di Air

Pengelompokan pertama untuk hewan yang berdasarkan tempat hidup adalah yang berada di air.

Apakah Anda memelihara ikan dirumah? Tentu saja Anda membutuhkan kolam atau aquarium yang diisi oleh air bukan? Karena ikan hidup di air dan tidak akan bisa bertahan lama jika Anda letakkan di darat karena memang, ikan bernafas dengan menggunakan insang.

Namun, ada juga hewan air yang tidak bernafas dengan menggunakan insang melainkan menggunakan paru-paru. Yang sangat simple adalah lumba-lumba.

Pada jenis binatang yang hidup di air juga dibagi menjadi tiga, adalah binatang air tawar, binatang air laut, dan binatang air payau.

Hewan air tawar contoh yang paling sederhana adalah ikan lele, ikan bawal, ikan cupang, ikan guppy, dan masih banyak lagi.

Kemudian jenis binatang air laut adalah lumba-lumba, hiu, cumi-cumi, gurita, dan masih banyak lagi.

Ada juga binatang air paya yaitu contohnya adalah kerang, udang, ikan bandeng, dan lain-lain. Biasanya ikan jenis ini berada pada tambak.

Perbedaan air laut, air payau dan air tawar adalah jikalau air laut merupakan air yang berasal dari laut, rasanya asin sebab banyak mengandung garam, meski air payau merupakan campuran air laut dan air tawar, biasanya bisa ditemukan di sekitar muara merupakan pertemuan antara sungai dan laut, rasanya asin tetapi tak seasin air laut, meski air tawar merupakan air yang tak berasa, bisa kita peroleh di sumur atau sungai di pegunungan.

Hewan yang Hidup di Darat

Hewan yang hidup di darat adalah yang paling dekat dengan kita. Ya mungkin ada untuk hewan air yang ada disekitar kita, namun itu yang sudah dipelihara seperti ikan lohan koi, atau cupang. Namun, yang sangat jelas adalah hewan yang ada di darat adalah yang paling dekat dengan kita.

Mungkin Anda sadar, berjalan sedikit saja Anda menemukan hewan seperti kucing, atau saat Anda menjatuhkan minuman yang manis, langsung dikerubungi oleh semut.

Biasanya hewan yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru dan memiliki bulu. Hewan-hewan di darat bisa berupa mamalia, unggas, serangga, reptil, dan lain-lain.

Jenis hewan yang hidup di darat juga dibagi menjadi tiga, yaitu hewan yang hidup di lingkungan manusia, di dalam hutan, dan di dalam tanah.

Contoh hewan yang hidup di lingkungan manusia adalah ikan, kucing, bebek, ayam, tikus, burung, lalat, nyamuk, dan masih banyak lagi.

Kemudian hewan yang hidup di dalam hutan contohnya adalah berbagai macam serangga, beruang, harimau, rusa, elang, badak, dan masih banyak lagi.

Hewan yang hidup di dalam tanah, seperti cacing, rayap, semut, dan sebagian kecil spesies tikus atau bahkan ada family unit musang juga yang tinggal di dalam tanah.

Hewan yang Hidup di Air dan Darat

Mungkin Anda berpikiran juga jika hewan darat ada yang bisa juga untuk tinggal di air. Namun, semuanya rata-rata bernafas dengan menggunakan paru-paru. Hewan yang hidup di darat dan di air ini memiliki kemampuan untuk menyelam di dalam air dan juga bisa hidup di daratan.

Contoh hewan yang bisa hidup di air dan darat adalah katak, buaya, anjing laut, berang-berang, platypus, dan kura-kura.

Source: https://smpislampapb.sch.id/jenis-hewan/tempat-hidupnya/

Posted by: biggayread.com