Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat


Dipublish tanggal: Feb 22, 2019
Update terakhir: Okt 12, 2020

Tinjau puas Mei 1, 2019

Waktu baca: 3 menit

Jangan mengawur mengobati bintitan, meskipun kelihatannya ki aib ini sepele namun takdirnya tidak ditangani dengan baik dapat berpotensi menimbulkan kondisi yang lebih sungguh-sungguh. Ya, bintitan ataupun timbilen bisa saja merambat ke kelopak netra dan menimbulkan infeksi luas. Sangat, bagaimana cara mengobati ain bintitan?

Barang apa itu bintitan?

Bintitan bahasa jawanya timbilen adalah benjolan kemerahan dan terasa sakit nan terletak di dasar bulu ain, di dasar atau di dalam kelopak ain. Bintitan yakni infeksi tempatan dari kelenjar Zeis (hordeolum eksterna) dan kelenjar Meibomian (hordeolum interna) pecah kelopak netra.


Iklan berpokok HonestDocs

Beli Thiamycin via HonestDocs

Percuma Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Ahli obat ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Istilah medis untuk bintitan adalah hordeolum (biasa, hordeola). Kadang-kadang saya koteng menyebutnya sebagai bisul pada ain kalau pasien enggak senggang momen saya sebutkan Bintitan.

Kelopak mata yang mengalami Bintitan biasanya ditandai dengan adanya benjolan kecil, kemerahan, terasa sakit baik ketika bungkam apalagi disentuh dan tersa nyeri saat berkedip. Terkadang terdapat juga bisul pada ujung benjolan yang berwarna kuning atau putih.

Bintitan atau Hordeolum ini suka-suka 2 jenis, yakni Hordeolum Eksterna dan Interna.

  • Hordeolum eksterna merupakan bintitan yang berkembang dari kelenjar Zeis pada kelopak netra
  • Hordeolum interna apabila bintitan berkembang di kelenjar meibom, sebuah glandula yang terletak di fragmen sumber akar pelupuk mata yang mengeluarkan kekayaan zat minyak ke pupil. Tidak terlihat nyata terbit asing, hanya benjolan kecil-kecil.

Hordeolum mirip dengan chalazion, chalazion adalah kista atau jaringan parut akibat peradangan kronis nan timbul di glandula meibom dan glandula Zeis puas kelopak netra. Chalazion juga dapat terbentuk ketika hordeolum bersemayam mulai sejak masa ke masa, sehingga terbentuk jaringan parut di sekeliling kelenjar tersebut.

Perbedaan Hordeolum dan chalazion, yaitu terdapat pada rasa nyeri dan kemerahan, dimana pada chalazion biasanya tidak menimbulkan rasa lindu atau kemerahan.

Apa penyebab bintitan?

Bintitan terjadi akibat infeksi lega kelenjar minyak di kelopak mata (kelenjar meibom dan Zeis) yang mendukung cak bagi melumasi bola netra. Infeksi terjadi setelah glandula minyak ini menjadi tersumbat. Bintitan juga dapat keluih dari folikel rambut yang terkontaminasi di dasar surai mata. Bakteri Staphylococcus aureus merupakan bakteri nan sering menjadi penyebab bintitan (90% -95%).  Bintitan juga dapat berkembang laksana kebobrokan bersumber peradangan difus kelopak mata (blepharitis).


Iklan pecah HonestDocs

Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Cara mengobati bintitan

Bintitan Kebanyakan akan mengempes dan hilang dengan sendirinya minus terbiasa perawatan kedokteran. Akan tetapi mandu mengobati bintitan berikut dapat dilakukan untuk mengerapkan penyembuhan.

1. Kompres hangat

Cara ini akan melancarkan aliran darah plong kelopak ain. Ketika aliran darah menjadi lancar, maka terungku-lembaga pemasyarakatan kekebalan tubuh kita akan lebih mudah menjangkau dan bekerja membasmi mikrob penyebab bintitan.

Lakukan kompres hangat dengan handuk yang dibasahi air hangat atau kantung plastik berisi air hangat. Terapkanlah sreg kelopak mata yang mengalami bintitan sejauh 10-15 menit, catur hingga enam kelihatannya sehari.

Surat berharga nyata akan telihat sekeliling 24-48 jam, dimana lega ujung bintitan akan cepat terbentuk rebuk. Puas akhirnya gelembung nanah ini akan pecah dan melepaskan isinya. Jika nanah sudah keluar, maka bintitan pun akan segera sembuh.

2. Jangan mengimpitkan bintitan

Bintitan tak boleh ditekan, dipencet atau diperas karena ini bisa menyebarkan infeksi ataupun memperburuk infeksi. Meskipun memang ketika ada rebuk mungil lega mata ini, jar-deriji kita menjadi gemes karena ingin segera menghilangkannya.

Sepatutnya lunak saja, tunggulah bintitan itu sembuh dengan kurun perian tertentu umumnya 4-7 perian cak sambil mengamalkan pengobatan lainnya.


Iklan dari HonestDocs

Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jangan lalai juga cak bagi menjaga kebersihan netra. Gunakan pelindung mata bikin mencegah iritasi yang dapat memperparah bintitan.

3. Salep antibiotik untuk mengobati bintitan

Salep antibiotik dan / maupun salep steroid kadang-kadang diresepkan untuk mengobati bintitan. Bangun, untuk pengasosiasi bintitan nan satu ini Kamu tak boleh menggunakannya sendiri tanpa resep dokter.

Pengobatan ini diperlukan bakal kasus nan kian rumpil dimana bintitan berukuran segara, atau apalagi menimbulkan pembengkakan sreg kelopak mata. Mungkin penggunaannya kembali dikombinasikan dengan obat minum.

4. Minum peminta bintitan

Memang obat minum tak comar dibutuhkan dalam menghilangkan bintitan, berikut penjelasannya:

  • Jarang sekali antibiotik minum digunakan buat memulihkan bintitan akan tetapi pengasosiasi ini sangat kondusif lega kasus-kasus dengan infeksi yang parah dan luas.
  • Obat penghilang nyeri begitu juga parasetamol, ibuprofen, dan lainnya dapat digunakan cak bagi mengurangi rasa lindu alias linu pada bintitan. Untuk obat nyeri ini Kamu bisa membelinya tanpa buku medikus, asalkan kerap perhatikan aturan minumnya.

Baca Sebaik-baiknya: Obat Bintitan di Apotik dan Alami Ada di Sini

Cara-mandu sederhana yang disebutkan di atas sepatutnya ada sudah lalu efektif mengempeskan atau malah ki menenangkan amarah bintitan dalam waktu selingkung 2-3 musim.

Namun apabila bintitan berlangsung kian dari itu, maka konsultasikan dengan mantri. Dokter kelihatannya akan memasrahkan obat sampai-sampai dahulu, atau justru melakukan tindakan ialah mengeluarkan rebuk dengan pisau khusus dengan pembiusan lokal terlebih dahulu buat mencegah rasa nyeri. Tindakan tersebut disebut dengan incisi hordeolum.

28 Wacana

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengasihkan wara-wara nan akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta memperalat sendang nan dapat dipercaya berpunca institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut akan halnya
proses editorial
kami di sini.


What you need to know about contact lens hygiene and compliance. American Optometric Association. http://www.aoa.org/x8024.xml.


Riordan-Eva P, et al. Lids and lacrimal apparatus. In: Vaughan & Asbury’s General Ophthalmology. 18th ed. New York, Horizon.Y.: The McGraw-Hill Companies; 2011. http://www.accessmedicine.com.


Kata sandang ini hanya sebagai informasi kebugaran, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda bikin tetap melakukan wawansabda bertepatan dengan dukun yang ahli dibidangnya.

Syukur mutakadim mengaji. Seberapa berarti amanat ini untuk Anda?
(1 Bukan berharga / 5 Sangat berarti)

Syukur atas saran dan masukannya! Kami akan meningkatkan kualitas layanan kami agar kian bermanfaat.

Source: https://www.honestdocs.id/cara-mengobati-bintitan

Posted by: biggayread.com