Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi Secara Alami Dan Cepat

Flek hitam atauephelis adalah noktah-bintik kecil

di

jangat yang berwarna lebih gelap daripada daerah di sekelilingnya. Flek hitam lazimnya

muncul

di wajah. Hanya, flek hitam kembali bisa

keluih

di bagian tubuh lain, sebagaimana kulit lengan, kura tangan, bahu, dada, alias gala.

Flek hitam ialah kondisi nan biasa dan boleh terjadi lega semua orang, terutama nan berkulit tulus. Kondisi ini rata-rata terjadi akibat meningkatnya produksi pigmen alami kulit (melanin).

Flek hitam - alodokter

Flek hitam seringkali disebut
freckles. Padahal, flek hitam hanyalah salah suatu jenisfreckles. Jenis lain dari
freckles
merupakan lentigo, pelecok satunya adalah
solar lentigo, yang sering muncul di spirit tua.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam muncul karena kenaikan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar surya atau sinar ultralembayung. Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan dandan kulit seseorang. Makin banyak kandungan melanin plong jangat, maka lebih haram pula kulit seseorang.

Flek hitam unjuk saat selerang menyerap nur ultraviolet sehingga produksi melanin meningkat. Fragmen alat peraba nan punya banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan jangat sekitarnya sehingga terpandang sebagai halnya noktah-bintik.

Flek hitam bisa dialami oleh semua sosok. Belaka, ada bilang faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, ialah:

  • Sering terpapar sinar matahari maupun terpapar dalam periode yang lama
  • Memiliki kulit tulus atau cerah
  • Memiliki anak bini yang pun mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Gejala Flek Hitam

Flek hitam memiliki karakteristik khas, baik dari segi corak, bentuk, lokasi, atau pemicunya. Berikut ialah penjelasannya:

  • Dandan

    Flek hitam rata-rata tidak bercelup hitam, tetapi kemerahan atau kecokelatan dan lebih gelap dibanding area kulit sekitarnya.
  • Rencana

    Flek hitam tampak seperti bercak atau titik-noktah kecil berukuran seputar 1 mm dan lain menonjol, yang menyerak di permukaan kulit.
  • Lokasi

    Flek hitam halal unjuk di paras dan umumnya menyebar dari lemak tulang alat pencium ke pipi. Flek hitam pula biasa muncul di leher, dada, dan lengan.
  • Pemicu

    Flek hitam biasa muncul sesudah terpapar binar matahari, seperti mana lega perian menggiurkan, dan akan menghilang bila tak terpapar sinar matahari.

Flek hitam umumnya pertama mana tahu unjuk pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring peningkatan usia. Flek ini pun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Pada saat harus ke dokter

Secara awam, flek hitam tidak berbahaya bagi kebugaran. Biar demikian, sekiranya flek hitam mengalami perlintasan bentuk, dimensi, dan tekstur, untuk pemeriksaan ke dokter untuk memaklumi penyebab dan mendapatkan penanganannya. Bilang tanda yang wajib diwaspadai di antaranya:

  • Flek berkembang, misalnya tumbuh menonjol
  • Flek yang menonjol memiliki bentuk tidak beraturan
  • Flek yang berkembang memiliki tekstur menjadi tidak rata atau berdelan
  • Flek berubah warna
  • Flek terasa nyeri

Diagnosis Flek Hitam

Dokter akan meminta keluhan, riwayat penyakit pasien dan keluarganya, serta aktivitas atau kebiasaan nan berkaitan dengan gambaran sinar matahari secara jebah. Setelah itu, dokter akan melihat kondisi flek hitam di alat peraba pasien, mulai dari warna, bagan, matra, hingga teskturnya.

Bila diperlukan, misalnya karena ada tanda-tanda keganasan, dokter akan melakukan biopsi pada jaringan kulit. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemungkinan ada lokap yang tidak seremonial.

Pengobatan Flek Hitam

Flek hitam umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Justru, sebagian besar flek hitam memasap dengan sendirinya seiring pertambahan usia.

Apabila flek hitam dirasa mengganggu penampilan, pengidap dapat menggunakan kosmetik atau bahan alami untuk memutihkan wajah. Tetapi, seandainya upaya mandiri tersebut tidak efektif, dokter dapat memberikan tindakan berikut, cak bagi menutupi, mencerahkan, dan menopengi bintik hitam:

1. Tabir surya (sunscreen)

Hendaknya kulit terlindungi terbit paparan sinar ultraviolet, gunakan tabir syamsu dengan SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan, lebih-lebih bagi khalayak yang berkulit putih dan berisiko punya flek hitam.

2. Krim pemutih

Krim pemutih umumnya mengandunghydroquinone yang berfungsi cak bagi menekan produksi melanin dan mencerahkan kewedanan kulit yang bawah tangan.

3. Krim retinoid

Krim retinoid mengandung senyawa zat makanan A, seperti tretinoin topikal. Peminta ini berfungsi buat mencerahkan sekaligus mengatasi flek hitam. Hasil pengobatan dengan tretinoin oles umumnya dapat dilihat setelah penggunaan rutin selama beberapa bulan. Obat ini bisa didapat dengan pokok dokter.

4. Pengobatan laser

Penyembuhan laser dilakukan dengan memancarkan sinar nan memiliki gelombang dan kesungguhan tertentu pada flek hitam di kulit. Pengobatan ini dapat mencerahkan dan mengurangi tampilan flek hitam dengan aman dan efektif. Dampak yang ditimbulkan berpunca terapi laser juga nisbi cacat.

5.
Cryosurgery

Cryosurgery merupakan prosedur yang memperalat hancuran nitrogen bersuhu kurang bagi membekukan dan menghancurkan sel kulit bermasalah, seperti flek hitam. Prosedur ini dinilai kesatuan hati dengan waktu pemulihan yang ringkas. Meski demikian, tidak semua jenis flek dapat ditangani dengan kaidah ini.

6.
Chemical peeling

Chemical peeling dilakukan dengan memperalat cair ilmu pisah, begitu juga asam salisilat, asam glikolat, alias cemberut trikloroasetat. Korban ini bekerja dengan menggotong tangsi-kurungan kulit bermasalah dan menyorong regenerasi kulit yang bertambah sehat dan lebih merata.

Secara umum, penanganan flek hitam perlu dilakukan secara rutin untuk mujur hasil nan maksimal. Selain memberikan manfaat, penanganan di atas juga berisiko menyebabkan efek samping, riuk satunya iritasi kulit. Bila mengalami bilyet samping tersebut, buru-buru periksakan diri ke dokter.

Komplikasi Flek Hitam

Flek hitam pelik menimbulkan komplikasi. Namun, beberapa hamba allah nan mempunyai flek hitam di bagian tubuhnya berisiko mengalami penurunan rasa percaya diri.

Pencegahan Flek Hitam

Flek hitam ketimbul karena perkariban faktor genetik dan paparan kirana syamsu alias seri ultraviolet (UV). Faktor genetik memang tidak bisa diubah, tetapi paparan bersama-sama sinar UV plong alat peraba bisa dicegah dengan melakukan beberapa pendirian di pangkal ini:

  • Hindari aktivitas di asing kolom saat matahari bersinar terik, yaitu sekitar jam jam 10 pagi hingga 4 sore.
  • Gunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih saat akan keluar rumah.
  • Kenakan gaun terlayang, sebagai halnya baju, celana tataran, dan topi, ketika beraktivitas di luar ruangan ketika matahari medium terik.

Source: https://www.alodokter.com/flek-hitam

Posted by: biggayread.com