Cara Menghentikan Haid Dengan Cepat

Pastikan cak bagi membohongi kesehatanmu dan anak bini secara rutin melewati Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasikan kebugaran kehamilanmu dengan mitra medikus spesialis kami. Download permintaan Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Pernah mengalami haid yang berlantas intern waktu yang lama? Rata-rata haid berlangsung sepanjang 7 hari. Tapi bagaimana jika lebih terbit satu minggu alias kian lama? Bingung dan mulai mengejar sempat cara menghentikan haid terus menerus?

Yap, ia memang perlu menghentikan haid yang berlangsung lebih lama. Karena haid nan berlantas lebih tingkatan dari satu minggu, bisa menjadi gejala kondisi medis lainnya. Marilah, cari tahu lebih lanjut mengenai penyebab hingga cara menghentikan haid terus menerus berikut ini.

Baca Juga: Diet Vegan Mentah Bisa Sebabkan Gangguan Menstruasi? Simak Penjelasannya Ladies!

Apa yang menyebabkan haid terus menerus?

Dalam marcapada medis, haid nan berlangsung lebih mulai sejak satu minggu dan atau dengan perdarahan berat disebut dengan istilah menorrhagia. Kondisi menorrhagia seorang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Dua yang paling umum adalah ketidakseimbangan hormon di perian pubertas dan masalah hormonal pada wanita yang mendekati periode mati haid.

Selain dua hal tersebut, haid yang lebih lama mulai sejak biasanya juga mungkin disebabkan maka dari itu:

  • Penggunaan instrumen kontrasepsi. Alat kontrasepsi tertentu boleh memengaruhi durasi haid, karena berkaitan dengan tata hormon wanita. Setiap tubuh wanita memiliki respons yang berbeda-tikai puas setiap alat kontrasepsi.
  • Pemakaian penawar. Pembeli-obatan tertentu seperti antiradang, maupun penawar yang memengaruhi hormon juga dapat memberi efek puas durasi haid.

Selain nan telah disebutkan, haid yang berlangsung terus menerus juga bisa menjadi cap adanya kondisi medis lainnya seperti:

  • Endometriosis. Yaitu tumbuhnya jaringan di bagian rahim, yang boleh menyebabkan remai dan haid lebih banyak pecah yang seyogiannya.
  • Ciri-ciri kanker. Bisa faktual kanker serviks, ovarium atau rahim.
  • Tumor non-kanker.
  • Polip, atau jaringan bertunas di lapisan tembolok, yang disebut pun fibroid.
  • Kehamilan ektopik. Jika mengalami haid dengan mimisan hebat dan berlangsung lebih lama, bisa menjadi cap sel telur yang telah dibuahi berlambak di asing peranakan, atau nan disebut hamil ektopik.

Bagaimana cara menghentikan haid terus menerus?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Tersidai mulai sejak penyebab terjadinya haid terus menerus. Namun secara umum suka-suka tiga pilihan yang dapat dilakukan. Ialah, menggunakan obat-obatan, tindakan medis dan pula berbuat pengobatan alami.

Cara menghentikan haid terus menerus dengan obat

Bilang obat nan masyarakat digunakan buat menghentikan haid terus menerus, yaitu:

  • Pelelang antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs). Contoh dari obat ini seperti ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi remai.
  • Suplemen zat besi. Untuk menguasai anemia akibat kehabisan darah
  • Suntikan hormon. Ini akan diberikan oleh dokter, takdirnya penyebab haid berlarut-larut yakni ketidakseimbangan hormon.
  • Kontrasepsi. Dokter siapa akan memberikan siasat kontrasepsi berbentuk perunding minum, untuk membantu menghentikan haid.

Tindakan medis

Tindakan kedokteran ini hanya bisa dilakukan sehabis pasien mendapatkan diagnosis terbit tabib. Sejumlah yang publik dilakukan antara tak:

D&C

D&C adalah kependekan terbit dilatasi dan kuretase. Ialah prosedur untuk mengerok jaringan lapisan tembolok. Ini akan dilakukan jikalau haid terjadi internal masa yang panjang dan disertai dengan mimisan yang hebat.

Ablasi endometrium

Tindakan medis ini aktual penghancuran lapisan rahim lakukan menghentikan peredaran darah haid. Namun tindakan ini baru akan direkomendasikan buat wanita yang tidak berakibat menghentikan haid supaya sudah menggunakan perunding-obatan nan mutakadim diresepkan sebelumnya.

Reseksi endometrium

Tindakan ini dapat mengurangi probabilitas kehamilan. Jika kamu berencana mempunyai anak, kamu perlu mengidas pendirian menghentikan haid terus menerus lainnya. Karena tindakan medis ini bekerja dengan cara menghilangkan sepuhan rahim yang signifikan.

Histerektomi

Tindakan kedokteran lainnya yaitu operasi histerektomi, kasatmata pengangkatan makanan dan gala alat pencernaan. Dalam kondisi tertentu, dokter pula mungkin melakukan pengangkatan ovarium.

Tindakan ini akan membuat wanita bukan dapat memiliki anak. Pasien juga akan mengalami menopause setelahnya. Histerektomi biasanya dilakukan pada pasien yang mengidap puru ajal atau fibroid. Atau untuk memecahkan endometriosis nan mutakadim enggak bisa diatasi dengan terapi lainnya.

Baca Juga: Mengatasi Pendarahan Menstruasi dengan Obat Bersut Traneksamat

Pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah

Dilansir pecah
Medical News Today, bilang orang meyakini beberapa pilihan berikut bisa membantu meringankan haid dan kondusif menghentikan haid bertele-tele.

  • Orgasme. Orgasme dipercaya dapat memicu penegangan di n domestik rahim sehingga memperlainkan lapisan yang membuat haid terus menerus.
  • Minum banyak air
  • Berolahraga secara teratur
  • Bersantap rahim yang bugar dan seimbang.

Sayangnya belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung prinsip menghentikan haid terus menerus tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara menghentikan haid terus menerus. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya konsultasikan pada dokter, sebaiknya mendapat habuan pengobatan nan tepat, ya!

Konsultasikan kelainan kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor internal layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download petisi Good Doctor di sini!

Source: https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/wanita/cara-menghentikan-haid-terus-menerus/

Posted by: biggayread.com