Cara Menghafal Cepat Menurut Islam

Oase.id
– Salah satu amalan paling baik bagi umat Islam adalah memahfuzkan Al-Quran. Para penghafal Al-Quran akan berbintang terang kehormatan berupa Tajul Karomah. Yaitu, mahkota kemuliaan di hari kiamat.

Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam merenjeng lidah:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya:
Rajinlah mengaji Al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di musim hari akhir.

(HR. Mukminat)

Kemudian berpunca Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersuara:

من قرأ القرآن وتعلَّم وعمل به أُلبس والداه يوم القيامة تاجاً من نور ضوؤه مثل ضوء الشمس ، ويكسى والداه حلتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان : بم كسينا هذا ؟ فيقال : بأخذ ولدكما القرآن

Artinya:


Siapa yang menghafal Al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Halikuljabbar akan memasrahkan mahkota bagi kedua khalayak tuanya dari cahaya yang terangnya seperti mana matahari. Dan kedua cucu adam tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan marcapada. Kemudian kedua anak adam tuanya bertanya, “Kok saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah melakukan Al-Quran.”

(HR. Hakim)

Berdasarkan dua sabda di atas, maka diketahui bahwa jalal tidak hanya didapat oleh penghafalnya sahaja. Melainkan, orang tua bangka berpangkal penghafal itu juga mendapatkan mahkota kemuliaan di hari nan kekal nanti.

Cak bagi itu, Oase.id coba berbagi tips tentang cara mudah menghafal surah Al-Quran:

1. Mengakrabkan Diri dengan Al-Alquran

Salah suatu cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat yang paling ampuh ialah mengakrabkan diri dengan Al-Quran. Berinteraksi dengan Al-Quran kerumahtanggaan kurun masa nan patut banyak. Salah satu caranya adalah memulai membaca 5 juz tiap-tiap hari. Kemudian menghafal 1 ayat per hari.

2. Mengoreksi Referensi

Sangat terdepan lakukan memongahi sekali lagi kualitas referensi yang kita miliki sebelum memulai cara menghafal Al-Quran. Dengan memberikan tahun bakal mengoreksi bacaan Al-Quran, selain hafalan menjadi lebih sempurna sekali lagi pahala yang didapatkan semakin berlipat.

Selain itu, mengedit wacana perlu dilakukan agar terhindar dari riuk kerumahtanggaan membaca dan menciptakan menjadikan salah tafsir. Menghafaz Al-Quran memang punya banyak keutamaan, namun harus dilakukan dengan cara baik dan benar.

3. Cerbak Melakukan Murojaah

Cara atau tips lebih jauh yaitu sering berbuat murojaah ataupun mengulang bacaan. Semakin sering kita mengulangi satu ayat, maka akan kian mudah ayat tersebut melekat di internal ingatan.

Seyogiannya tidak terburu-kejar menaik hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali buat mengurangi risiko hilangnya mahfuz tersebut. Disarankan bagi mengulang murojaah sesering bisa jadi. Sehingga ayat nan sudah dihafalkan bisa melekat di manah dalam periode yang lama.

4. Pasang Mangsa Menghafal Al-Quran

Pasang target sangat baik dalam menghafal Al-Alquran. Dengan adanya bahan nan jelas, maka akan lebih mudah intern mendorong diri lakukan terus arwah dalam menghafal.

5. Membuat Jadwal Hafalan

Lebih lanjut, buatlah jadwal rutin. Situasi ini sangat terdahulu agar boleh disiplin dalam proses menghafal. Upayakan menyempatkan satu hari khusus untuk mengingat Al-Alquran setiap harinya. Adapun beberapa waktu nan dinasihatkan untuk menghafalkan Al-Quran, di antaranya di sepertiga malam ragil, saat pertengahan siang hari, dan di pagi masa setelah salat subuh.

6. Banyak Mendengar Murotal

Gegares mendengarkan murotal ialah salah suatu cara minimum mudah privat mengingat Al-Quran. Biasanya, akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantunkan intern musik yang merdu dan didengarkan secara berulang-ulang. Semakin comar mendengarkan murotal, maka semakin cepat banyak ayat nan kita hafal.

7. Menggunakan Satu Variasi Mushaf Al-Alquran

Kerumahtanggaan menghafaz, pastikan bakal comar menggunakan mushaf Al-Alquran yang sama. Dengan memperalat mushaf yang sama, maka akan mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah dihafalkan.

8. Istiqomah

Tips maupun cara ragil ialah istiqomah. Yaitu, prinsipnya adalah taat bikin bosor makan menjaga hafalan walau privat peristiwa dan situasi apa pun. Lain ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi konsistensi. Seperti, tidak ada hafalan nan kuat diraih kecuali konsisten mengulang-ulang hafalan tersebut.

Demikian tips menghafal Al-Quran nan dapat kita bikin. Hendaknya Allah bosor makan memberi petunjuk bagi kita semua. Amin YRA.

(ACF)

Source: https://m.oase.id/read/6WOXyR-cara-mudah-dan-cepat-menghafal-surah-al-quran

Posted by: biggayread.com