Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis

KOMPAS.com –
Sebagian pengguna mungkin merodong bahwa aki ponsel mereka cepat terkuras n domestik periode yang pendek. Dalam beberapa kasus, baterai ponsel bahkan cepat silam kendati bukan digunakan.

Penyebab baterai cepat habis bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Nasib lampu senter yang sudah “renta” hingga tuntutan yang bepergian di meres pantat (background) bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa alasan dan solusi lampu senter ponsel cepat berkurang, sebagaimana dihimpun
KompasTekno
semenjak
Android Authority, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Rekaman Smartphone Jib Sentuh, Benarkah iPhone nan Pertama?

1. Cahaya layar yang berlebihan

Layar merupakan keseleo suatu aspek yang terpenting sreg perkakas ponsel. Bagian yang mendominasi bodi ponsel ini menyajikan tampilan visual dan membantu pemakai intern berinteraksi.

Maka dari itu sebab itu, tak heran jika layar boleh menghela pokok lampu senter nan cukup besar. Untuk mengamankan hal ini, konsumen dapat mencoba menurunkan tingkat pencahayaan layar.

Dengan memanfaatkan mode Auto Brightness (Pencahayaan Otomatis), layar ponsel bisa mendeteksi lingkungan seputar dan menyamakan cahaya yang ditampilkan puas layar.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan kecenderungan ilegal (Dark Mode) sehingga tampilan pada permintaan akan didominasi dengan corak hitam.

Konsumen pun tidak disarankan untuk menggunakan Live Wallpaper alias
wallpaper
yang dapat bergerak intern bagan video. Sejumlah ponsel memang telah kondusif fitur ini.

Baca pun: Evolusi Ponsel berbunga Masa ke Masa, dari Bentuk Batu Bata sebatas Jib Bekuk

Sementara itu mengedrop refresh rate ke pengaturan terendah pula dinilai ampuh untuk menghemat sendi baterai.

2. Aplikasi nan berjalan di
background


Media sosial dan permintaan
chatting
ialah contoh jenis aplikasi yang bisa berjalan di
background. Artinya, petisi ini akan tetap aktif meski sedang enggak digunakan.

Aplikasi yang bepergian di
background
pula bisa menguras buku baterai, apabila kuantitas aplikasi nan bepergian cukup banyak.

Untuk mengurangi kewajiban baterai, pengguna boleh mengerudungi permintaan-aplikasi nan berjalan di
background.

Menudungi paksa permintaan juga bisa menikahi kembali pemakaian pokok puas ponsel. Cara ini bisa diakses melalui menu Settings > Apps > pilih petisi yang diinginkan > Force Stop.

Selain aplikasi, game juga dapat menyedot trik raksasa. Game yang dimainkan dengan durasi lama bukan hanya dapat menguras lampu senter, tapi kembali membentuk ponsel menjadi panas.

Untuk mengamankan masalah tersebut, pengguna dianjurkan cak bagi bisa mengeset penggunaan petisi secara bijak, seperti lain berperan game makin dari satu jam.

3. Pelik sinyal

Aki ponsel biasanya terkuras makin cepat saat berada di kewedanan yang sulit menjangkau sinyal seluler. Peristiwa ini disebabkan karena ponsel berkelanjutan bekerja untuk mencari sinyal.

Apabila dibiarkan secara membenang, aktivitas ini boleh menghabiskan daya baterau dengan cepat biar dalam kondisi tak digunakan.

Baca pun: 4 Daerah di Indonesia yang Sinyal 4G-nya Paling kecil Merata

Salah satu prinsip nan bisa dilakukan bikin mengatasinya merupakan dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) jika sedang berada di area yang berat sinyal.

Menonaktifkan fitur pelacakan lokasi (GPS) dan Bluetooth, serta beralih menggunakan jaringan 4G juga bisa dilakukan untuk menuntaskan komplikasi nan setolok.

4. Usia baterai


Aki ponsel yang cepat terkuras kali disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah tidak kembali prima karena usia.

Selain itu, baterai ponsel juga memiliki masa penggunaan (life-cycle) spesifik. Umumnya aki ponsel memiliki sukma penggunaan yang optimal tiga hingga lima tahun, atau antara 500 hingga 1.000 kali siklus pengisian rahasia.

Apabila aki ponsel memang mutakadim lain lagi bisa menopang ponsel, solusi nan dapat dilakukan pengguna adalah dengan mengganti baterai mentah.

Menukar baterai lama dengan nan baru juga bisa menjadi solusi alternatif nan lebih murah tinimbang membeli ponsel baru.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malah dulu di ponsel.

Source: https://tekno.kompas.com/read/2022/02/10/13440087/penyebab-baterai-ponsel-cepat-habis-dan-cara-mengatasinya?page=all

Posted by: biggayread.com