Cara Melatih Pukulan Agar Keras Dan Cepat


  • Kekuatan pukulan berfungsi menyebabkan kerusakan pada tubuh lawan agar melemah.

  • Kecepatan pukulan berguna agar tidak mudah terbaca dan sampai di tubuh lawan sebelum disadari.


noDokter

– Dalam dunia bela diri, pukulan tangan menjadi bagian penting yang tak dapat terpisahkan. Semua aliran bela diri tidak ada yang tidak mengandalkan kekuatan pukulan tangan. Latihan pukulan tangan menjadi penting.

Kekuatan pukulan tangan seperti tendangan dalam bela diri, ataupun memerkuat kuda-kuda harus terus dilatih. Untuk mencapai hasil yang maksimal, haruslah berlatih dengan tepat dan rutin. Jangan lupakan saat latihan-latihan bela diri ini tubuh mendapatkan asupan gizi yang seimbang, rutin latihan dan istirahat cukup.

Kekuatan dan kecepatan adalah dua hal yang perlu dilatih sebagai fighter. Tanpa kedua hal tersebut, pukulan tidak akan terasa sakit bagi lawan. Kekuatan berfungsi menyebabkan kerusakan pada tubuh lawan agar melemah saat mengenai badan. Terlebih bila itu pukulan telak.

Sedangkan kecepatan berguna agar pukulan tidak mudah terbaca oleh lawan dan pukulan sampai di tubuh/wajah sebelum lawan sadar. Kekuatan dan kecepatan adalah dua hal yang tak terpisahkan dan harus rajin latihan secara imbang dan berkala.

Untuk melatih pukulan tangan agar keras dan cepat, sebenarnya tidak harus didampingi pelatih profesional. Hanya saja latihannya tidaklah mudah dan membutuhkan waktu. Tetapi bukan berarti mustahil. Semakin giat dan tekun berlatih, semakin cepat mendapatkan hasil.

Seperti biasa, sebelum latihan, ada baiknya melakukan pemanasan dan setelahnya pendinginan, agar terhindar dari cedera. Berikut cara melatih pukulan agar keras dan cepat, seperti dikutip dari olahragapedia.

1. Membangun kekuatan otot di sekitar tangan

Membangun otot di sekitar lengan memang bagus untuk meningkatkan ability pukulan. Namun bisa jadi agak menurunkan kecepatan tangan bila otot terlalu besar. Tidak perlu risau, meski kemungkinan ini memang ada tapi ini terjadi jika Anda hanya berlatih mengangkat beban di gym tanpa melakukan cara melatih pukulan agar keras dan cepat dengan rutin. Tak harus selalu angkat beban, membangun otot juga bisa dengan latihan simple seperti push up.

ii. Melatih pergelangan tangan dengan hand grip

Berlatih dengan hand grip selain melatih genggaman tangan, daya tahan lengan serta meningkatkan kekuatan lengan, manus grip juga melatih otot lengan bawah. Juga otot pergelangan tangan yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan pukulan.

Bila tak memiliki hand grip, bisa menggunakan botol kaca yang ukuran pas genggaman. Pegang botol tersebut secara melintang dengan satu tangan, gerak memutar perlahan secara berulang. Latihan ini cukup dilakukan beberapa menit setiap hari.

3. Melatih kekuatan pukulan tangan dengan samsak

Berlatih dengan memukul samsak akan meningkatkan kekuatan pukulan. Anda bisa mengetahui seberapa besar kekuatan pukulanmu yang sebenarnya. Latihlah sesering mungkin untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal.

Latihan samsak merupakan salah satu cara melatih agar pukulan keras dan cepat serta risiko cedera yang kecil jika Anda memukulnya dengan benar. Sebisa mungkin setidaknya menggunakan manus wrap saat berlatih untuk menghindari cedera.

four. Melatih kekuatan pukulan dengan makiwara

Berlatih dengan makiwara merupakan cara melatih pukulan agar keras dan cepat yang umum bagi seorang karateka. Untuk menjadi seorang fighter dengan kekuatan pukulan yang bagus tidak semudah membalikkan telapak tangan. Lecet, berdarah adalah hal wajar saat berlatih dengan makiwara dalam cara melatih pukulan agar keras dan cepat. Tetapi fighter sejati tidak akan menyerah hanya karena ini.

five. Berlatih memukul kertas

Kertas adalah benda ringan tanpa bobot. Karena itu mudah terbawa angin dengan cepat. Oleh sebab itu, cara melatih pukulan agar kuat dan cepat sangat disarankan untuk menambah kecepatan pukulan.

Latihan ini bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Gantung kertas di hadapan Anda, pilih kertas yang ringan seperti HVS jangan kertas karton yang berat.
  • Berdirilah dengan jarak panjang lengan ke depan sekitar v cm.
  • Lalu mulai meluncurkan pukulan ke arah kertas
  • Perhatikan lambaian kertas, untuk mengetahui kecepatan pukulan kalian.
  • Kalau sudah mulai membaik, tambahkan jarak tersebut menjadi 7 hingga 10cm. [*]


“Karena ‘Sehat itu Gampang’ mari kita praktikan Olahraga, Diet dan Kesehatan Mental”

Source: https://nodokter.com/latihan-pukulan-tangan-bela-diri-lewat-lima-tahapan

Posted by: biggayread.com