Cara Cepat Menghafal Al Quran Untuk Orang Dewasa

Al-Qur’an (ejaan KBBI: Alquran, bahasa Arab: القرآن al-Qurʾān) adalah kitab steril berpendidikan Arab yang Allah wahyukan kepada rasul Muhammad S.A.W melampaui perantaraan Malaikat Jibril.Umat Islam berketentuan bahwa Al-Qur’an yaitu puncak dan pengunci wahyu Allah yang diperuntukkan kepada seluruh umat sosok.

Seiring dengan bertambahnya kognisi masyarakata akan halnya keutamaan menghafal Al Qur’an, maka berkembang pula berbagai ragam metode bikin menggampangkan kita menghafal Al Qur’an. Sekadar sesungguhnya sukses atau tidaknya harapan kita tergantung seberapa osean karsa kita dan seberapa sungguh-bukan main kita dalam mengistiqomahkan diri.

Berikut ialah salah suatu pendirian yang dapat menjadi alternatif dalam usaha kita menghafal Al Qur’an. Ini yakni tulisan dari Syekh Wahid Abdussalam Bali. Berikut pemaparannya:

Caranya habis sederhana, bisakah anda sisihkan waktu beliau 15 menit saja perhari? Yang saya mau, cukup 15 menit semata-mata, 15 menit berpokok musim anda setiap seharinya, 15 menit dari waktumu setiap hari. Dan insya Allah anda boleh menghapal Al-Quran dengan contoh, saya berkata apa? Teoretis. Belas kasihan , sebelum saya sampaikan kepada anda: Bagaimana cara menghapal Al-Quran? Simak dengan seksama narasi berikut ini:

Dilansir Muslimahzone. Di desa kami terserah beberapa akhwat di mesjid (spesial wanita). Mereka mengumpulkan para wanita lansia (Gaek), umurnya sekitar 50 – 60 tahun yang tidak bisa baca dan tulis, hapalan mereka kisaran Al-Falaq dan An Nas, yakni beberapa sahifah saja, sebaiknya shalat mereka absah. Dan hapalan sediakala mereka surat Al Fatihah dan Al Mu’awwidzat, surah-surah pendek dan hapalan bertasyahud. Maka mulailah para ibu-ibu datang, lalu ukhti tadi membaca Al Fatihah, dan para ibu-ibu mengimak bacaannya dengan diulang-ulang, sampai ibu-ibu tadi hapal Al Fatihah dengan baik, lalu Mu’awwidzat, dahulu menghapal tasyahud sangat menghapal surah surah ringkas dengan menirukan guru tautologis-ulang. Engkau juga bisa melakukannya di flat, renggut kaset kritik Al-Hushyairy dalam kaset mushaf mu’allim, stel di tape, ketika Qori mendaras, sira bisa mngikuti bacaannya, dan diulang-ulang. Dan saat ini terserah acara computer n domestik bentuk CD namanya mushaf mu’allim, bacaannya dapat di ulang 9 barangkali dan engkau terus ikuti bacaannya iteratif ulang hingga hapal, ok…!

Akhwat tadi mereka tidak mempunyai computer, akhwat mulai membaca dan mengajarkan ibu-ibu tadi belaka sekali seminggu, istimewa wanita, mereka menghapal surah-surah ringkas. Akhwat tadi bertanya kepada ibu-ibu, “hapalannya di tambah ya…!!! ibu-ibu menyahut: Ya…!!! Tambahkan saja hapalannya!” hapalan mereka terus menerus bertambah, sehingga mereka hapal Jus ‘Amma seluruhnya, sehingga merasakan nikmatnya Iman dan lezatnya AlvQuran, mereka sekali lagi hapal Juz Tabarak. Mereka memulai Juz Tabarak, 5 ayat – 5 ayat atau 3 ayat – 3 ayat, dan hapal seluruhnya Juz Tabarak. Mereka juga hapal Juz Qad Sami’a. Lalu kami pun mengadakan kejuaraan kerjakan mereka dan mulailah para wanita ini menghapal Al-Quran. Engkau tahukan??? Ibu ibu tadi tidak bisa baca dan tak bisa tulis. Pemenang pertama kami pasrah pemberian. Berapa juz ia hapal??? Berapa Juz??? Berapa yang ia terka??? Dia hapal Al-Quran 28 Juz, dia berumur 62 periode, Dia tidak bisa baca dan tidak bisa catat. Ia menghapal dengan mandu mendengar dari rekaman (kaset) dan berusul guru perempuannya yang memudahkannya, dan hapal dengan baik.

Lampau setelahnya berusia 50 tahun, suka-suka nan 18 Juz, 15 Juz, 14 Juz dan 28 Juz, ibu-ibu jompo buta aksara yang lain dapat baca dan tulis. Lalu ia ya Ustadz, bapak, Doktor, berapa Juz yang dia hapal??? Ataupun anda saja menghapal surah singkat saja? Enggak adalah aib anda wahai Doktor, bakal mulai menghapal satu Juz, kemudian dua Juz. Saya demi Sang pencipta, bersama anda tadi TAKJUB melihat/ mendengar kisah tadi, betapa…Kenapa??? Saya hanya katakan kepada Anda, 15 menit, seperempat jam tiap waktu, 10 menit tiap hari, anda menghapal 3 ayat, Amma yatasa alun(1) Aninnabail Adzim(2) Allazi hum fihi mukhtalipun(3), Ia siap hafalkan waktu ini? Lain sulit enggak???

Lanjut … Saya katakan: tak hal yang elusif bagi anda, namun 3 ayat dan selama 10 menit pun sira sudah hapal. Dengan demikian kita mulai sekarang Insya Allah. Kita mulai… kita mulai…saya akan berikan caranya, (ambillah kertas dan pena), saya akan berikan cara alias tekhnisnya Insya Allah. Oke mulailah (anda tulis) sira bermoral bermoral menghapal dengan mudah, tidak akan sukar kadang-kadang, tidak akan mengganggu pekerjaan, maupun tugas atau perbisnisan anda, cukup 15 menit perhari, pilih musim pada saat pun yang anda senang, yang utama hanya 15 menit perhari, lanjut???

Yang pertama : NIAT YANG IKHLAS KARENA Halikuljabbar.

Merelakan niat ia puas Allah, yakni; untuk barang apa Anda menghapal Al-Quran? Menghapal Al-Alquran hanya cak bagi Allah, hendaknya dapat timbrung surga, agar menjadi cucu adam orang yang dicintai Allah, dan orang hamba allah pilihan-Nya, semoga Al-Quran bisa menaungi anda puas masa kiamat, biar surah Al Baqarah dan Al-Imran dapat memberi beliau syafaat lega hari yaumudin, pokoknya ikhlas pada Allah, harapan yang utama adalah merelakan niat plong Sang pencipta.

Yang kedua : MENGHAFAL DARI SATU CETAKAN MUSHAF.

Menghafaz AlQuran dari satu cetakan, jangan kamu hapalkan setiap surah dari cetakan yang saling farik, sehingga nantinya hafalan ia bergantung lega banyak cetakan. Anda harus hafalkan dari suatu gemblengan, ok! Saya katakan apa tadi??? Menghafal dari satu cetakan. Anda bisa dapatkan salah satu semenjak cetakan yang terkenal, begitu juga cetakan Malik Fahd ataupun gemblengan Madinah Munawwarah, dan mulailah kamu mengingat dari cetakan tersebut.

Nan ketiga : MENYETOR Mahfuz DI HADAPAN QORI YANG MAHIR.

Siapapun orang nan anda jumpai, atau imam surau manapun, setorkan hapalan anda di hadapannya 3 ayat. Dan anda tak merasa keberatan, Demi Sang pencipta!!! Anda tidak akan merasa berat, kawan anda di kantor juga bisa, katakan: tolong dengarkan bacaan saya, rekan kerja lagi bisa, atau siapapun yang anda jumpai di mesjid, katakan: sokong dengarkan teks saya 3 ayat saja. Anda tak akan merasa keberatan lain??? Demi Allah kamu akan merasakan nikmatnya AlQuran dan dengan AlQuran ia akan semakin dekat kepada Allah. Anda baca 3 ayat, dan saya tidak katakan pada anda bahwa harus di hadapan mereka nan sudah meraih gelar Doktor, dan menghafaz di hadapannya, lain!! Al Quran tidak ada kaitannya dengan gelar Doktoral, Magister, AlQuran cuma kalam cara intern membaca. Anda cukup pelajari kaidah tajwid, tidak akan sulit, sama sekali enggak akan suka-suka kesulitan, insya Halikuljabbar pas mengaji di hadapan siapa saja yang anda percaya? 1 Juz misalnya, kemudian anda pulang dan membaca sendiri dengan computer, masih nomor suatu yaitu: membaca alias menghafaz di penghadapan Qori yang mahir dan anda bisa dapatkan cd mushaf mu’allim nan dapat diulang ulang, kemudian anda masukkan ke computer, kemudian anda ikuti bacaannya, agar teks beliau bagus, Ada CD dengan suara miring Hudzaifi, terserah pun dengan suara miring alminsyawi, Abdul Basith, diskriminatif sesuai yang kamu inginkan, kemudian anda baca setelahnya dan ikutilah bacaan mereka, ikuti supaya anda bisa mengucapkan lambang bunyi-hurufnya dengan benar.

Yang ke empat : Mengingat Setelah FAJR ( Fajar ).

Menghapal setelah terbitnya fajar, kenapa saya katakan menghafalnya setelah fajar? Karena perian fajar adalah waktu nan baik dan penuh berkah. Dan Rasul Muhammad SAW, berdoa bikin mereka yang mengerjakan sesuatu di waktu pagi buta hendaknya Allah melimpahkan berkah kepada mereka, beliau berdoa: “Ya Sang pencipta, limpahkanlah berkah untuk umatku plong waktu paginya”. Setelah subuh kamu hapalkan 5 ayat, dan mulailah…

Yang kelima : MEMINIMKAN Nan DIHAFAL.

Meminimkan hafalan. Saya bukan katakan bahwa setiap harinya harus menghapal seperempat (kejadian/juz), tidak…Karena nanti syetan membisikkan: “ayo hapalkan seperempat (peristiwa/jus) atau 2 ¼…” dan saat ia sudah lalu tanggulang 1 juz, dia tengung-tenging sepertiga dari hapalan sira…JANGAN…

Polah yang tekor tapi kontinu kian baik berbunga pada banyak namun pada hasilnya terputus.

Yang ke enam : Membaca HAFALAN DI SETIAP Boleh jadi SHALAT.

Meminimkan hapalan dan mengulanginya 5 siapa dalam shalat. Enggak segala apa misalnya kamu menghapal 3 ayat kerumahtanggaan sehari…

Kemudian anda ulangi hapalan anda momen shalat dhuha, fajar, shalat sunnah subuh, dzuhur, sunnah dzuhur, ashar, maghrib, sunnah maghrib, isya dan shalat sunnah isya. Saya kira bukanlah peristiwa yang elusif, cuma 3 ayat, ok…

Periode lebih lanjut anda tambah hafalan lagi 3 ayat, setelah anda hafal, ulangi mahfuz dia dalam shalat, Menghafal pas dengan 7 menit, akan tetapi ia mengulang-ulangnya internal shalat. Saat berjalan ke mesjid kembali beliau dapat mengulangi hafalan kamu, pulang pergi ke mesjid barangkali anda bisa mengulangi 5 kali ataupun 15 kali, saya kira hafalan anda akan kuat dan sempurna. Hari jumat, pada hari jumat anda mengulangi hafalan dia yang telah anda hafal sejauh satu ahad. Coba perhatikan, hari sabtu engkau sudah hafal 3 ayat…eh sekarang kita hari rabu, insya Almalik mulai kamis, pagi belakang hari, Anda hafalkan waktu kamis 3 ayat, ok! Dan baca hafalan anda puas shalat 5 waktu, hari jumatnya anda hafalkan pula 3 ayat selanjutnya, waktu kamis 3 ayat, hari jumat 3 ayat. Kemudian setorkan hafalan sira sebanyak 6 ayat. Tahun sabtunya, setoran hafalan menjadi 9 ayat. Hari pekan menjadi 12 ayat dan seterusnya. Saban hari anda menghafal 3 ayat dan mengulangi hafalan engkau yang lain. Dan usahakan beliau banyak membaca hafalan anda itu di dalam shalat. Setelah isya anda shalat sunnah isya 2 rakaat dengan mengaji seluruh yang anda mutakadim hafal.

Silahkan coba cara ini selama satu minggu, agar risikonya kian baik insya Allah, amin.

Yang ke tujuh : MURAJA’AH Maupun MENGULANG.

Murajaah atau Mengulangi hafalan nan sudah lalu dan mengulangi hafalan tersebut pada shalat sunnah 2 rakaat setelah isya.

Nan ke delapan : LUANGKAN WAKTU SEPEKAN UNTUK MENGULANG Setelah HAFAL 1 JUZ.

Apabila Allah memuliakan anda dengan menghafal al-Quran 1 juz dengan sempurna, maka engkau nongkrong menambah hafalan engkau sepanjang seminggu mumbung, anda hafal juz Amma contohnya, kamu jangan menambah mahfuz baru, tapi dalam seminggu saban hari anda mengulangi juz amma 2 kali, terus setiap periode 2 kali, supaya mahfuz kamu ideal, terus dengan perlahan. Syetan membisiki di kuping anda : “Wah anda telah hafal juz ‘Amma, yuk cepat taajul beliau hafalkan juz Tabarak, juz Qad Samiallah, marilah cepat…” TIDAK…TIDAK…dia harus hafal perlahan lahan, ya perlahan-lahan sedikit, kalau tidak bisa, makara sejauh 10 tahun anda tidak akan memahfuzkan apapun, oke! Selama sepekan penuh dia mengulangi 1 juz nan telah anda hafal.

Yang ke sembilan : JIKA Mutakadim HAFAL 1 JUZ, MENGULANG ¼ Mahfuz YANG LALU DITAMBAH 3 AYAT Yang Mentah.

Apabila Allah mengagungkan kamu dengan menghafal 1 juz, maka setiap hari anda menghafal 3 ayat dan mengulangi ¼ hafalan anda yang sangat, saban hari tambah 3 ayat dan mengulangi ¼ semenjak hafalan nan silam.

Baca Juga :

  1. Inilah Hukuman Bagi Orang Yang Namun Mencintai Marcapada
  2. Hati-Hati Dengan Lawatan Para Malaikat Maut

Coba perhatikan, apabila Allah meluhurkan anda dengan menghafal 2 juz, maka yang harus anda ulangi yaitu 2 perempat dari hafalan anda, ditambah 3 ayat hafan yunior, begitulah lebih lanjut dan anda baca segala yang ia telah hafal dalam 2 rakaat shalat sunnah setelah isya.

Yang ke dasa : MEMINIMALISIR MAKAN, BERBICARA DAN TIDUR.

Coba perhatikan!!! Ini terdepan sekali, anda masih bersama saya, simaklah!!! Setelah kamu mengingat Al-Quran maka anda harus meminimalisir 3 hal :

  1. Meminimalisir bersantap,
  2. Tuturan,
  3. Dan pula tidur,

Pembicaraan dikurangi, waktu tidur dijadwal, sebagai halnya waktu makan, kalau tidak, akan bersoal.

Yang ke sebelas : BERDO’A.

Berdo’a semoga Halikuljabbar melancarkan kamu menghafal Al-Qur’an. Berdo’a, Tuhan SWT akan memberkahi kamu yang memahfuzkan Al-Qur’an, karena anda tak akan bisa menghafal al Alquran kecuali dengan Taufiq Allah ( uluran tangan / anugrah Almalik ).

Setiap perundingan ini yakni ringkasan dari kitab dengan judul “Atsimaarul Yaani’ah filkhuthobil jaami’ah”, dan kitab ini dikarang oleh Ibnu Rajab Al Hambali.

Source: https://ltq-iqro.com/portfolio/tips-cara-cepat-menghafal-al-quran-dalam-15-menit-wajib-coba/

Posted by: biggayread.com