Buah Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

KONTAN.CO.ID -Jakarta.Selama ini jika ingin mendaptkan asupan Vitamin C untuk tubuh, orang biasanya mengonsumsi buah jeruk. Padahal, ada banyak buah yang mengandung vitamin C tinggi selain buah jeruk.

Jeruk memang buah yang mengandung vitamin C tinggi. Satu jeruk berukuran sedang menyediakan 70 mg vitamin C, yang merupakan 78% dari nilai harian yang direkomendasikan.


Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap zat besi dari makanan. Tubuh juga menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen, bagian tubuh yang membantu menyembuhkan luka.

Serta vitamin C juga dibutuhkan untuk antioksidan yang membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan. Laki-laki membutuhkan 90 miligram vitamin C per hari, dan wanita membutuhkan 75 miligram.

Jeruk sedang memiliki sekitar 70 miligram, tetapi banyak buah yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk. Lantas, apa saja buah yang mengandung vitamin C tinggi?


Baca Juga:
Ingin Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi Turun? Minum Jus Buah Ini

8 Buah yang mengandung vitamin C tinggi

Dirangkum dari laman
Web MD,
Healthline, dan laman Pemerintah Kota Cimahi, berikut adalah daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi:

1. Jambu biji

Vitamin C tertinggi terdapat pada buah jambu biji. Buah berbau harum tersebut mengandung sekitar 200 mg vitamin C per 100 gram, jauh lebih tinggi dari jeruk yang hanya 53 mg. Termasuk dalam buah-buahan tropis, jambu biji bisa tumbuh sangat baik di Indonesia.

2. Kiwi

Selanjutnya, kiwi termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi adalah 70 miligram vitamin C per kiwi sedang. Kiwi juga memiliki serat serta flavonoid
dan karotenoid, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh.

3. Stroberi

Buah stroberi juga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi. Dalam semangkuk buah stroberi mengandung sekitar 85 miligram vitamin C.


Baca Juga:
Bahan Mudah Didapat, Ini vi Cara Menghilangkan Mata Panda

four. Blewah

Kemudian, buah yang mengandung vitamin C tinggi adalah blewah. Kandungan vitamin C dalam blewah yakni thirty miligram per setengah mangkuk. Blewah juga mengandung karotenoid, vitamin B, kalium, magnesium, tembaga, flavonoid.

5. Tomat

Tomat juga merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C tomat adalah twenty miligram untuk tomat ukuran sedang jika dimakan mentah.

6. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C dalam pepaya adalah ninety miligram. Pepaya juga kaya akan karoten, flavonoid, vitamin B, folat, kalium, magnesium, dan serat.


Baca Juga:
Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Buah Ini Secara Rutin

seven. Lemon

Kemudian, buah yang mengandung vitamin C tinggi adalah lemon. Satu lemon mentah utuh, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vitamin C, atau 92% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Vitamin C dalam jus lemon juga bertindak sebagai antioksidan.

viii. Leci

Leci juga termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi. Satu leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C, atau 7,5% dari nilai harian yang direkomendasikan. Leci juga mengandung asam lemak omega-iii dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah.

Nah, itulah sejumlah buah yang mengandung vitamin C tinggi untuk memenuhi asupan harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News





  • INDEKS BERITA







Source: https://kesehatan.kontan.co.id/news/8-buah-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi-selain-jeruk

Posted by: biggayread.com