Buah Yang Mengandung Vitamin A Dan C

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya konsumsi vitamin C secara langsung tetapi buah yang mengadung vitamin C juga. Buah apa saja sih yang memiliki kandungan vitamin C?

Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan penyakit seperti skorbut atau scurvy. Hal ini sering membuat penderita menjadi lebih mudah mengalami memar, rentan pendarahan, dan merasakan nyeri sendi dan otot. Karena itu penting sekali untuk mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C agar kondisi tubuh tetap fit. Nah, berikut ini ada beberapa buah yang mengandung vitamin C.

ane. Tomat

Satu buah tomat dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh sekitar 28%. Jika dikonsumsi dalam bentuk jus, maka vitamin C dalam tomat akan semakin terkonsentrasi dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga sekitar 70%. Buah ini bisa kamu jadikan pilihan jus sehari-hari nih, sahabat AVO~

2. Stroberi

Buah mungil berwarna merah yang imut ini ternyata juga mengandung vitamin C yang tinggi loh. Sekitar 150 gram buah stroberi mengandung hampir 100 mg vitamin C. Tidak hanya itu, buah yang mengandung vitamin C ini juga menjadi sumber folat, serat serta mineral, seperti kalium dan magnesium.

iii. Lemon

Masuk dalam golongan citrus, buah dengan rasa kecut ini juga memberi banyak manfaat untuk tubuh. Buah dengan rasa asam, memang merupakan sumber vitamin C yang tinggi yang baik untuk tubuh, salah satunya lemon. Buah yang banyak mengandung vitamin C juga merupakan sumber mineral yang bisa membuat tubuh makin sehat.

4. Kiwi

Buah imut warna hijau ini juga bisa menjadi pilihanmu untuk menambah vitamin C dalam tubuh. Satu buah kiwi berukuran sedang, mengandung sekitar seventy mg vitamin C. Hal tersebut membuat buah yang mengandung vitamin C ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mangga

Selanjutnya, ada buah mangga yang digemari oleh banyak orang bahkan sering disandingkan dengan beras saat penyajiannya. Mengonsumsi setengah buah mangga berukuran sedang, sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sekitar lxx%. Buah yang banyak mengandung vitamin C ini juga mengandung vitamin lain, seperti vitamin A dan vitamin B6, yang baik untuk tubuh.

vi. Nanas

Siapa sangka buah yang sering dihubungkan dengan kehamilan ini mengandung banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. Selain kaya akan vitamin C, nanas juga mengandung bromelain. Karena itu, buah yang mengandung vitamin C ini dipercaya dapat membantu meredakan perut kembung, serta mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas fisik.

seven. Jambu Biji

Mengonsumsi satu buah jambu biji, sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Buah ini mengandung sekitar 125 mg vitamin C, atau sekitar 140% kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, jambu biji juga kaya akan kandungan antioksidan berupa likopen. Jika kamu kurang suka dengan buah ini dikonsumsi secara langsung, kamu bisa membuatnya menjadi jus.

8. Ceri

Buah cantik yang sering jadi hiasan kue tart ini sayang jika dilewatkan. Ceri jenis acerola memiliki banyak kandungan vitamin C di dalamnya, hingga 40 gram (sekitar 3 sendok makan) buah ini dapat memenuhi 913% kebutuhan harian vitamin C.

Kebutuhan Vitamin C per Hari untuk Tubuh

Kebutuhan vitamin C per hari setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia dan jenis kelamin, untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di bawah ini:

        Bayi usia 0-6 bulan: 40mg Anak usia iv-8 tahun: 25 mg Remaja usia 14-xviii tahun: 75 mg untuk laki-laki dan 65 mg untuk perempuan Dewasa usia 19 tahun ke atas: 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita.
      

Beberapa orang juga membutuhkan vitamin C lebih banyak, seperti ibu hamil yang membutuhkan 85 mg vitamin C per hari, dan ibu menyusui yang membutuhkan 120 mg vitamin C per harinya. Perokok juga perlu mendapatkan tambahan vitamin C sebanyak 35 mg, dari rekomendasi konsumsi harian. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C merupakan cara yang menyenangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Agar tidak bosan, kamu bisa coba beragam olahan buah mulai seperti salad, puding, atau mencampurnya dengan oatmeal dan sereal.

Final Updated on Baronial 20, 2022

Source: https://blog-admin.avoskinbeauty.com/buah-yang-mengandung-vitamin-c/

Posted by: biggayread.com