Berikan Contoh Sikap Anak Yang Percaya Diri


Alta - Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak-08

“Kepercayaan diri dapat ditanamkan pada anak sejak dini. Artikel ini memberikan informasi tentang cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak”

Beberapa orang berpikir bahwa rasa percaya diri adalah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Padahal percaya diri nyatanya dapat ditanamkan kepada anak sejak dini. Carl Pickhardt dalam tulisannya
Why Practiced Kids Act Roughshod; The Hidden Truth Virtually The Pre-Teen Years,
mengatakan bahwa rasa percaya diri pada anak dipengaruhi oleh lingkungannya. Anak-anak yang kurang percaya diri memiliki kesulitan dalam mencoba hal baru. Mereka cenderung takut untuk gagal, sebab tidak ingin mengecewakan orang lain.

Anak yang tidak percaya diri biasanya juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti anak merasa dibandingkan atau membandingkan dirinya dengan orang lain, anak merasa tidak kompeten, atau bisa juga karena anak merasa tidak menjadi prioritas dan tidak merasa disayang.

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri(Sumber: Orami.co.id)

Nah, agar anak dapat memiliki rasa percaya diri, ada eight cara yang dapat dilakukan, supaya anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang pemalu dan terlalu minder.

ane. Jangan Mengkritik Penampilan Anak serta Apa yang Anak Berikan

Saat Anda berusaha mengkritik penampilan anak, maka secara tidak langsung Anda sudah mematikan rasa percaya diri mereka. Hal ini, seharusnya diubah dengan memberikan respon positif, serta saran yang bertujuan untuk membangun rasa percaya diri pada anak.

Tips Melatih Anak Lebih Percaya Diri(Sumber: Galadiva.com)

Nah, sebagai orang tua, jangan pernah mengatakan kepada anak bahwa penampilan mereka jelek. Sebab, pada dasarnya banyak anak yang berusaha mengekspresikan perasaan mereka melalui penampilannya. Ada anak yang ingin membuat orang tuanya senang, atau hanya ingin sekedar dikomentari.

Jika Anda memberikan kesan pertama yang buruk ketika melihat penampilan anak, maka anak bisa kecewa. Anak kemudian takut untuk membuat hal-hal lainnya, dan takut untuk menyampaikan keinginan mereka.

two. Memberikan Pengertian Bahwa Setiap Anak Berbeda

Saat anak memasuki usia 4 tahun, Ia mulai memikirkan orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif dan negatif. Positifnya anak dapat belajar tentang cara berbagi, bersifat empati, dan juga bekerja sama. Sedangkan dampak negatifnya, anak dapat membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain.

Contoh sederhananya, anak membandingkan siapa yang paling besar, paling cepat berlari, atau siapa yang paling tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengajarkan bahwa setiap anak pada dasarnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masih-masing.

3. Jangan Memanjakan Anak

Tips Agar Anak Percaya Diri(Sumber: Orami.co.id)

Anda sebaiknya tidak memanjakan anak, dan selalu memberikan perlakukan istimewa kepada mereka. Supaya, anak tidak menjadi pribadi yang memudahkan segala sesuatu dan merasa memiliki segalanya.

Nah, jika Anda mendidik anak dengan tidak manja, maka Ia dapat mencoba melakukan segala pekerjaannya sendiri, tanpa harus bergantung kepada orang tua mereka. Anak-anak juga bisa lebih menghargai hasil pekerjaan mereka sendiri.

4. Ajarkan Anak Mengekspresikan Perasaannya

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga memiliki perasaan. Namun, sayangnya mereka belum bisa untuk mengekspresikan perasaan tersebut. Sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda mengajarkan anak tentang berbagai perasaan, seperti senang, marah, kecewa, atau sedih.

Anda bisa memberikan pemahaman kepada anak bahwa Ia bisa mengekspresikan perasaannya, baik itu sedih, kecewa, dan marah, sebab itu merupakan hal yang normal. Namun, jangan lupa untuk mengajarkan anak cara mengendalikan emosinya dengan baik.

5. Memberikan Rasa Empati Terhadap Anak

Beberapa anak merasa takut dan tidak percaya diri dengan hal-hal yang belum mereka ketahui. Nah, Anda bisa terlebih dahulu mencari tahu hal apa yang ditakutkan oleh anak. Setelahnya, ajak anak untuk berbicara tentang hal tersebut. Lalu, Anda bisa membantu menanamkan rasa percaya diri pada anak, dengan memberikan rasa empati.

Contohnya, jika anak merasa malu dan takut untuk tampil di acara teater sekolahnya, Anda bisa memberikan pengertian kepadanya, bahwa Anda juga pernah merasakan hal yang sama. Anda juga takut dan malu untuk tampil di depan orang banyak. Nah, selanjutnya, Anda bisa mengajarkan kepada anak cara melawan ketakutan dan rasa malu tersebut.

6. Biarkan Anak Bersikap Sesuai Usianya

Latih Anak Lebih Percaya Diri(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Anda tidak boleh memaksakan anak untuk bersikap seperti orang dewasa. Sebab, anak belum bisa mengikuti apa yang dapat dilakukan oleh orang dewasa. Anak berusaha untuk terus memenuhi keinginan orang tuanya. Namun, saat apa yang diperintahkan oleh orang tua, tidak dapat mereka penuhi, anak bisa merasa
down
dan kurang percaya diri.

7. Berikan Pujian Pada Anak

Memberikan pujian dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan kepada anak, dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Rasa percaya diri anak yang dibangun dari orang tuanya adalah salah satu hal penting dalam tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, sebaiknya berilah pujian dengan cara yang tepat untuk semua usaha yang telah dilakukan oleh anak.

8. Berikan Perhatian dan Kasih Sayang Kepada Anak

Perhatian dan kasih sayang yang cukup dari orang tua merupakan hal utama untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Anak-anak dapat merasa menjadi pribadi yang berharga dan penting, jika diberi waktu dan perhatian yang cukup. Anda bisa mendengarkan hal-hal yang ingin anak sampaikan, tanpa menilai. Selain itu, Anda dapat juga menunjukkan perasaan kasih sayang kepada anak, agar anak merasa dicintai dan dihargai.

Jadi, itulah 8 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sejak dini. Nah, disamping hal tersebut, Anda juga bisa
loh
meningkat kepercayaan diri anak dengan mendaftarkannya di
altaschool.

Alta School merupakan sekolah online yang khusus untuk anak di jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Sekolah dengan kurikulum K-13 ini telah menggunakan metode belajar yang adaptif, sehingga bisa membantu menggali potensi, kreativitas, serta minat anak dengan maksimal.

Di Alta Schoolhouse, anak- anak mendapatkan berbagai fasilitas belajar terbaik, seperti
Live Teaching,
Kelas Tambahan,
Home-based Project, Learning Kit,
Pendidikan Karakter, dan lain sebagainya.





New call-to-action


Sumber:

Wiguna, R.W. (2020), ‘seven Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri dan Kreativitas Anak’,
Ruangguru.com,
22 Desember 2020 [daring] Available at:
https://world wide web.ruangguru.com/web log/7-cara-menumbuhkan-kepercayaan-diri-dan-kreativitas-anak

Rahmadani, A. (2020), ‘8 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak’,
Generasimaju.co.id,
02 Juli 2020 [daring] Available at: https://www.generasimaju.co.id/penyebab-dan-cara-mengatasi-anak-yang-tidak-percaya-diri

Pickhardt, C. (2010).
Why Expert Kids Act Roughshod; The Hidden Truth Almost The Pre-Teen Years.
Chicago: Sourcebooks.

Fitriyani. ‘17 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak’,
Theasianparent.com.
[daring] Available at: https://id.theasianparent.com/17-cara-untuk-meningkatkan-kepercayaan-diri-anak

Nutriclub. ‘half dozen Cara Memotivasi Anak Agar Percaya Diri di Usia Dini’,
Nutriclub.co.id,
[daring] Bachelor at: https://www.nutriclub.co.id/article-balita/stimulasi/tumbuh-kembang-anak/6-cara-memotivasi-anak-agar-percaya-diri-di-usia-dini

Sumber Gambar:

Anak yang Berani Unjuk Diri di Kelas [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/5-manfaat-membangun-kepercayaan-diri-balita/

Anak yang Memakai Kostum Pahlawan [daring]. Available at: https://www.galadiva.com/five-cara-menumbuhkan-rasa-percaya-diri-pada-anak-usia-dini

Anak yang Mandiri dan Tengah Membantu Orang Tua [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengembangkan-rasa-percaya-diri-pada-anak/

Anak Tampil Percaya Diri Dengan Tersenyum [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengembangkan-rasa-percaya-diri-pada-anak/

Source: https://www.altaschool.id/blog/cara-menumbuhkan-rasa-percaya-diri-pada-anak

Posted by: biggayread.com