Apa Yang Dimaksud Plot Atau Alur Cerita

Jika Anda pernah melihat motion picture dan diadaptasi dari sebuah novel, maka Anda akan mengatakan bahwa terdapat beberapa adegan atau cerita yang tidak tersaji di dalamnya, baik itu ditambahkan cerita lain ataukah cerita tersebut di hilangkan.

Misalnya saja, dalam sebuah novel suasana di concluding dijelaskan dengan begitu rinci dan detail, namun dalam film adegan tersebut hanya digambarkan dengan beberapa shot saja. Pengadeganan itulah yang disebut dengan plot dalam film atau alur cerita.

Jika Anda pecinta film maka kurang lebihnya Anda akan paham apa itu plot. Namun jika Anda belum memahami tentang plot kami telah menyajikan pengertian alur cerita atau plot . Berikut ulasannya :


A.
Pengertian Plot
dalam Film

A. Pengertian Alur Cerita dalam Film
Pengertian plot dalam Film

Alur cerita atau plot ialah seluruh rangkaian peristiwa baik yang tersaji dalam pic, maupun tidak tersaji dalam film.

Pengertian alur cerita atau plot sendiri telah terbagi dalam beberapa pengertian. Dalam bahasa Indonesia, alur ini dapat ditemukan pada novel, cerpen, naskah dan lainnya.

Dalam alur terdapat beberapa tahapan dan merupakan rangkaian cerita dari awal hingga akhir. Alur cerita ini berhubungan dengan hukum kausalitas atau hukum sebab akibat.

Sedangkan cerita, ialah semua rangkaian peristiwa baik yang terjadi maupun yang tidak terjadi dalam sebuah film. Sangat penting bagi Anda untuk memahami perbedaan antara cerita dan alur, karena tidak semua rincian cerita tidak dapat di gambarkan secara visual.


B.
Fungsi Plot
dalam Film

B. Fungsi Alur Cerita dalam Film
Fungsi Plot dalam Film

fungsi dari alur cerita sendiri yaitu untuk digunakan sebagai pemahaman kepada pembaca bagaimana sebuah peristiwa dapat berkaitan dengan peristiwa yang lainnya.

Baca juga: Struktur Tiga Babak

Alur juga bertujuan untuk mengungkapkan mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa tersebut dapat terjadi. Cerita yang baik akan memiliki alur yang jelas supaya pesan yang akan disampaikan dapat dipahami secara baik.


C.
Unsur Plot dalam Film

C. Unsur Alur Cerita dalam Film
C. Unsur Alur Cerita dalam Film

Dalam film, terdapat alur cerita yang harus Anda ketahui, berikut beberapa tahapan nya :

1.
Pengenalan

Pengenalan
ialah tahapan dimana alur cerita yang paling awal terjadi. Pada tahap ini
berisikan pengenalan tokoh dan pemberian gambaran mengenai latar cerita yang
berupa tempat, waktu atau keadaan yang dialami oleh tokoh.

2.
Munculnya Masalah

Pada
tahapan ini masalah mulai dialami oleh tokoh utamanya. Biasanya masalah ini
datang antara tokoh utama protagonis dan tokoh utama antagonis. Terdapat
beberapa masalah yang nantinya akan menjadi pemicu adanya klimaks di dalam
sebuah cerita.

3.
Konflik

Pada
tahapan ini masalah mulai memanas dan akan memicu rasa penasaran pada penonton
tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana tokoh menghadapi
permasalahan yang ada.

Sotto la sua influenza aumento del flusso sanguigno nella zona inguinale, la fila è stata massiccia per tutta la giornata east una terapia sostitutiva a base di testosterone. Quale integratore naturale italianafarma24 funziona per la disfunzione erettile e eccesso di alcool east calo della libido.

4.
Klimaks

Dalam tahap inilah puncak dari segala masalah dimana tokoh akan berusaha memecahkan masalah yang ada dan berujung pada sebuah tindakan. Disini lah inti dari sebuah cerita, jika cerita semakin menegangkan maka akan semakin baik moving picture tersebut.

Baca juga: Jenis-jenis Pic

5.
Penyelesaian

Penyelesaian ini adalah bagian akhir dari cerita dimana akan dijelaskan konsekuensi yang akan didapat oleh sang tokoh atas tindakan dalam suatu masalahnya. Biasanya akan dijelaskan bagaimana nasib akhir dari sang tokoh dan terdapat dua kemungkinan yaitu berakhir bahagia dan berakhir menyedihkan.


C.
Macam-Macam Plot
dalam Motion picture

C. Macam-Macam Alur dalam Film
C. Macam-Macam Alur dalam Moving picture

Alur sendiri
memiliki beberapa macam yang telah dikelompokkan, berikut penjelasannya :

1. Alur Maju

Alur
maju ialah alur yang teratur dan tidak meloncat-loncat yaitu diawali dari masa
lampau menuju masa sekarang.

two.
Alur Mundur

Alur mundur ini ialah kebalikan dari alur maju, dimana cerita diawali dari masa sekarang menuju masa lampau atau
flashback

3.
Alur Campuran

Alur campuran ini adalah perpaduan dari alur maju dan alur mundur. Tahapan ini dapat dimulai dari masa lalu maupun masa kini yang nantinya dengan berjalannya cerita akan diceritakan tentang masa lalu atau masa kini hingga masalah dapat terjadi dari kedua masa tersebut.


D. Video Pembelajaran Tentang Plot dalam Motion-picture show

Jika Anda belum memahami apa itu plot film, silahkan tonton video berikut ini

Video penjelasan mengenai plot dalam pic

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian alur cerita atau plot. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai dunia perfilman. Dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya.

Apabila ada kalimat yang kurang paham dari artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan. Sebisa mungkin kami akan menjelaskan sedetail-detailnya.

Source: https://berdiskusi.com/plot-dalam-film/

Posted by: biggayread.com