10 Kegiatan Membantu Orang Tua Di Rumah

Melibatkan anak – anak dalam pekerjaan rumah dan pekerjaan rumah adalah sarana di mana mereka dapat belajar dan mengembangkan berbagai aspek kehidupan keluarga dan sosial, seperti solidaritas , kerja tim dan tanggung jawab, di samping memperoleh berbagai keterampilan yang diperlukan untuk hidup.


Terkadang kita terkejut dengan hal-hal yang dapat dilakukan anak-anak pada usia yang sangat dini, bahkan ketika mereka belum bersekolah, oleh karena itu sangat bermanfaat untuk menyalurkan semua kapasitas dan energi itu untuk mendapatkan kebaikan bersama, sesuatu yang menguntungkan setiap anggota keluarga.

Pekerjaan rumah anak-anak dapat diberikan di dapur di bawah pengawasan orang dewasa

Penting bagi orang tua untuk memotivasi anak-anak mereka untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Untuk itu, pertama-tama perlu memilih kegiatan yang sesuai dengan usia, sedemikian rupa sehingga tidak terlalu rumit (yang dapat membuat anak frustasi) atau terlalu mudah sehingga dianggap membosankan.

Kedua, orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk memenuhi tugas yang diberikan dengan mengungkapkan rasa terima kasih mereka setiap saat, serta memberi tahu mereka bahwa bantuan mereka berharga dan penting bagi keluarga.

Item penting lainnya adalah bahwa anak-anak mulai bekerja sama dengan tugas-tugas rumah tangga sejak usia dini. Jelas, tugas-tugas yang mudah dan sederhana akan diberikan kepada anak-anak kecil dan kompleksitas serta kepentingannya akan meningkat seiring dengan pertumbuhan mereka.

Juga, anak-anak suka tahu bagaimana melakukan sesuatu. Melibatkan mereka dalam kegiatan sehari-hari di sekitar rumah adalah kesempatan besar baik untuk memanfaatkan rasa ingin tahu mereka dan untuk mendapatkan sedikit bantuan di sekitar rumah. Kuncinya adalah memasukkan sedikit kesenangan untuk mendapatkan kerja sama mereka.

Anda mungkin tertarik dengan Kewajiban dan Tanggung Jawab anak-anak di sekolah dan di rumah .

10 tugas yang dapat dibantu oleh anak-anak

1- Buang sampahnya

Ini adalah aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang yang lebih tua. Sejak usia vii tahun mereka dapat berkolaborasi dengan membawa sampah ke wadah luar setiap kali tempat sampah penuh.

Sebagai insentif bagi mereka untuk tidak melupakan pekerjaan rumah mereka, mereka dapat diberi imbalan dalam beberapa cara (tetapi bukan uang) karena membuang sampah paling banyak.

two- Isi kendi air

Ini adalah tugas yang dapat mereka lakukan selama kendi terbuat dari plastik atau bahan lain selain kaca, yang dapat pecah dan berbahaya bagi anak-anak. Sangat cocok untuk usia eight tahun ke atas.

3- Lipat pakaian bersih

Anak-anak antara usia three dan 5 tahun dapat membantu melipat cucian yang telah dicuci, terutama handuk dan barang-barang lain yang mudah ditangani.

Untuk membuat tugas lebih menarik dan menyenangkan, mereka dapat diminta untuk menyortir pakaian berdasarkan jenis, warna, atau mengklasifikasikannya sesuai dengan pemiliknya. Ini adalah cara yang mudah dan mendidik bagi mereka untuk mempelajari warna dan nama setiap benda.

iv- Jaga agar kamar Anda tetap rapi

Sejak usia 7 tahun, anak-anak sudah mampu mengambil tanggung jawab untuk menjaga barang-barang di kamar mereka dengan rapi.

5- Ambil mainan mereka

Anak-anak antara 2 dan 3 tahun sudah dapat memahami bahwa mereka harus mengambil mainan mereka setelah bermain. Secara umum, dapat digunakan untuk mengajari mereka membuang benda apa pun ketika mereka berhenti menggunakannya, seperti perlengkapan sekolah, dll.

vi- Beri makan hewan peliharaan rumah dan ganti air minum

Seperti halnya merawat makhluk hidup, jenis tugas ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang terlalu muda yang belum mampu memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar.

Dari six-8 tahun disarankan untuk mendelegasikan pemberian makan hewan peliharaan. Selain itu, dengan cara ini bencana kecil dengan makanan hewan dapat dihindari.

seven- Atur meja untuk makan

Anak-anak berusia six tahun ke atas sekarang dapat mengurus pengaturan harian piring, gelas, dan peralatan makan di atas meja pada waktu makan. Juga untuk mengumpulkannya di akhir atau melakukan salah satu dari keduanya.

Ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas, misalnya dengan mengajari mereka melipat serbet atau membuat origami bersama mereka, dengan bantuan internet.

8- Ganti seprai di tempat tidurmu

Sejak usia 10 tahun, mereka dapat diajari mengganti seprai di tempat tidur mereka sendiri. Penting untuk memberi tahu Anda seberapa sering mereka harus melakukannya dan untuk apa.

9- Membantu menyelamatkan produk pasar

Usia 8 tahun cocok untuk mengajak anak membantu menata dan menyimpan produk yang dibeli di pasar.

Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengajari mereka tentang manfaat setiap makanan , karakteristiknya, bagaimana dan di mana harus disimpan, dll.

10- Buat camilan sendiri dan bantu menyiapkan makanan tertentu

Anak-anak di atas usia x tahun dapat dilibatkan dalam menyiapkan beberapa makanan. Yang penting mereka selalu melakukannya di bawah pengawasan untuk menutupi risiko kecelakaan di dapur.

Mereka bisa membuat resep makanan ringan yang menyenangkan dan sederhana yang akan membuat mereka semakin tertarik dengan kegiatan kuliner.

Kesimpulan.

Banyak orang tua berpikir bahwa memiliki anak di rumah identik dengan memiliki banyak hal untuk dilakukan, tetapi ini belum tentu demikian. Pekerjaan rumah tangga sehari-hari dapat dibagi dengan mereka, menjadi lebih sukses jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mendidik.

Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengajari mereka untuk bertanggung jawab dan semakin mandiri, selain dapat memperkuat ikatan emosional dengan mereka saat orang tua dan anak-anak bekerja bersama, sehingga menjadi waktu yang berkualitas.

Dengan pelatihan yang baik, yang mencakup pemecahan tugas menjadi langkah-langkah singkat yang mudah dipahami, dan kesabaran, orang tua akan dapat memperoleh bantuan penting dalam pekerjaan rumah sementara anak-anak mempelajari serangkaian konsep, prosedur, dan keterampilan. menjadi manfaat besar bagi kehidupan dewasa Anda.

Referensi

  1. half-dozen Alasan Anak Tidak Membantu Di Rumah dan Apa yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengatasinya Recovered from: ahaparenting.com.
  2. Bindley, K. (2011). Huffington Mail: Tugas Anak: Bagaimana Anak Anda Dapat Membantu Di Sekitar Rumah (Dan Membuat Anda Tetap Waras). Dipulihkan dari: huffingtonpost.com.
  3. Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga. Dipulihkan dari: raisechildren.cyberspace.au.
  4. Stuart, A. Web Md: Bagi dan Taklukkan Pekerjaan Rumah Tangga. Dipulihkan dari: webmd.com.
  5. Tanggung Jawab Mengajar: Bagaimana Anak-Anak Dapat Membantu Orang Tua Mereka di Rumah. Dipulihkan dari: surfexcel.com.bd.

Source: https://sridianti.com/10-kewajiban-anak-di-rumah-untuk-membantu.html

Posted by: biggayread.com